Habis Tol Laut & Tol Udara, Jokowi Bangun Tol Listrik!

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
09 April 2019 15:24
Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) punya program tol lainnya. Yakni tol listrik.
Takengon, CNBC Indonesia - Setelah pembangunan tol di darat, laut, dan udara. Kini, pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) punya program tol lainnya. Yakni tol listrik, yang akan dibangun dari ujung utara sampai selatan Pulau Sumatera.

Program ini merupakan program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN (Persero).

"Ini supaya sistem kelistrikan di Sumatra sama seperti Jawa," kata Menteri ESDM Ignasius Jonan dalam peresmian proyek listrik 35.000 MW di Aceh, Selasa (09/04/2019).


Jonan menjelaskan proyek ini adalah proyek pembangunan transmisi agar sistem kelistrikan di seluruh Sumatera terhubung. Targetnya adalah dengan memasang Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 Kv.

Habis Tol Laut & Tol Udara, Jokowi Bangun Tol Listrik!Foto: Menteri ESDM Ignasius Jonan naik KA Tegal Bahari dari Cirebon ke Jakarta sore ini sbg penumpang umum dan menikmati apa yg sdh direformasi sejak 2009. (Ist/Kementerian ESDM)


"Targetnya tahun ini selesai. Kalau tersambung, semua terkoneksi dari Sabang sampai Lampung. Nanti listrik Sumatera seperti Jawa, supaya bisa tumbuh dengan baik," jelasnya.

Lebih lanjut Direktur Bisnis Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto menjelaskan proyek tol listrik ini terbentang dari Sumatera Selatan hingga Medan.

"Targetnya akhir tahun ini selesai. Jadi nanti transmisinya kita sambung dari Sarula ke Galang."

Jalur transmisi ini pun cukup panjang, karena mencoba menguatkan sistem kelistrikan Sumatera dari sisi barat. Panjang jalur tol listrik diperkirakan bisa mencapai 2223 kilometer, dengan estimasi investasi infrastruktur setiap kilometer bisa mencapai Rp 30 miliar.






(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading