Trump: Perjanjian Dagang AS-China Diumumkan Sebulan Lagi

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
05 April 2019 07:01
Trump: Perjanjian Dagang AS-China Diumumkan Sebulan Lagi
Washington, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Kamis (4/4/2019), mengatakan kesepakatan dagang dengan China sudah semakin mendekati penyelesaian dan dapat diumumkan sekitar empat pekan lagi.

Namun, ia juga memperingatkan bahwa akan sulit baginya membiarkan China terus berdagang dengan AS bila beberapa isu penting belum juga diselesaikan.



Saat berbicara dengan wartawan di Gedung Putih di awal pertemuannya dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He, Trump mengatakan sejumlah isu pelik dalam perjanjian itu telah disepakati namun masih ada perbedaan yang perlu dijembatani.


"Perjanjian ini memiliki kesempatan yang sangat-sangat baik untuk terjadi. Saya rasa ini akan baik bagi kedua negara," kata Trump, dilansir dari Reuters. Ia juga mengatakan akan bertemu Presiden China Xi Jinping bila perjanjian itu benar-benar terwujud.

"Saya katakan kita akan tahu dalam empat pekan ke depan," kata Trump.

Siap-siap, Perjanjian Dagang AS-China Rampung Sebulan LagiFoto: Presiden AS Donald Trump (kanan) berbicara dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He di Washington, Kamis (4/4/2019). (Foto: REUTERS/Jonathan Ernst)

Kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia itu tengah berada dalamĀ sebuah proses negosiasi dagang yang panjang untuk menyelesaikan perang dagang mereka yang telah mengguncang pasar global.

Trump menolak mengatakan bagaimana nasib bea impor yang telah dikenakan kepada berbagai produk China senilai US$250 miliar.



Perdagangan barang antara AS dan China mencapai nilai total US$660 miliar tahun lalu, menurut data Biro Sensus AS. Nilai tersebut terdiri dari impor dari China senilai US$540 miliar dan ekspor ke China senilai US$120 miliar.

Dalam pertemuannya dengan Trump, Liu mengatakan adanya kemajuan yang sangat baik dalam pembicaraan dagang tersebut karena adanya keterlibatan langsung Trump. Ia juga menambahkan bahwa meski masih ada beberapa isu yang belum disepakati, ia berharap kedua pihak akan mendapat hasil yang baik. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading