Internasional

Kabar Baik Datang dari Meja Perundingan Dagang AS-China

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
08 April 2019 06:23
Kabar Baik Datang dari Meja Perundingan Dagang AS-China
Jakarta, CNBC Indonesia - Para pejabat Amerika Serikat (AS) dan China merampungkan putaran perundingan dagang terbaru mereka, Jumat (5/4/2019), dan dijadwalkan akan kembali melanjutkan pembicaraan mereka pekan ini.

Perundingan tersebut diadakan untuk merumuskan perjanjian yang akan mengakhiri perang dagang antara dua ekonomi terbesar dunia yang telah mengguncang pasar keuangan global.



Kedua belah pihak tidak menjelaskan detail hasil perundingan pekan lalu di mana Wakil Perdana Menteri China Liu He bernegosiasi dengan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Perwakilan Dagang Robert Lighthizer selama tiga hari.


Kabar Baik Datang dari Meja Perundingan Dagang AS-ChinaFoto: Presiden AS Donald Trump berbicara dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He di Kantor Oval Gedung Putih di Washington, AS, 4 April 2019. REUTERS / Jonathan Ernst

Presiden AS Donald Trump dalam pertemuannya dengan Liu Kamis lalu mengatakan perjanjian dagang bisa saja diumumkan dalam waktu empat pekan ke depan.

"Beberapa hal signifikan masih harus dikerjakan, dan para pejabat utama, wakil menteri, dan anggota delegasi akan terus berhubungan untuk menyelesaikan isu-isu yang belum disepakati," menurut Kantor Perwakilan Dagang AS dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Reuters.



Media negara China Sabtu lalu menulis bahwa kedua belah pihak membuat kemajuan baru dalam perundingan tersebut.

Penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan Liu akan kembali ke Beijing setelah perundingan Jumat lalu namun kedua belah pihak akan terus melanjutkan pembicaraan melalui telekonferensi. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading