Internasional

Yacht Super-Mewah Hasil 1MDB Dijual Rp 1,8 T, Sudah Diskon!

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
03 April 2019 18:22
Yacht Super-Mewah Hasil 1MDB Dijual Rp 1,8 T, Sudah Diskon!
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah superyacht yang diduga dibeli menggunakan uang yang dicuri dari dana investasi pemerintah Malaysia yang dilanda skandal 1MDB akan dijual dengan harga diskon kepada operator kasino Genting, menurut laporan The Star, Rabu (3/4/2019).

Yacht bernama The Equanimity yang berukuran panjang 91,5 meter itu dijual kepada Genting Malaysia seharga US$126 juta atau sekitar Rp 1,8 triliun, menurut surat kabar yang mengutip Jaksa Agung Tommy Thomas, dilansir dari CNBC International.



Kapal pesiar itu dulunya dimiliki oleh pebisnis Malaysia dan buronan 1MDB, Low Taek Jho. Ia dikenai tuduhan pencucian uang terkait skandal korupsi senilai miliaran dolar di 1MDB dan kapal pesiar mewah itu diduga dibeli menggunakan uang haram dari aksinya tersebut.


Penawaran dari Genting tersebut adalah yang terbaik yang diterima pemerintah Malaysia dalam waktu lima bulan setelah Equanimity ditawarkan untuk dijual, tulis The Star.

Yacht Super-Mewah Hasil 1MDB Dijual Rp 1,8 T, Sudah Diskon!Yacht The Equanimity (Foto: REUTERS/Lai Seng Sin)

Meskipun evaluasi harga pasar yang dikeluarkan Winterbothams untuk yacht tersebut sebesar US$130 juta tidak tercapai, hasil yang diterima pemerintah masih cukup baik, kata Thomas.

Winterbothams adalah konsultan kelautan yang ditunjuk pengadilan untuk membantu menentukan valuasi yacht tersebut.



Menjual kapal pesiar itu menjadi sangat penting untuk dilakukan sebab biaya perawatannya menghabiskan anggaran pemerintah, kata seorang sumber kepada The Star.

Dalam delapan bulan terakhir, pemerintah Malaysia telah merogoh kocek hingga 14,5 juta ringgit (Rp 50,5 miliar) untuk biaya perawatan Equanimity. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading