Internasional

Buronan 1MDB Ini Sebut Mahathir Sita Yachtnya Secara Tak Sah

News - Roy Franedya, CNBC Indonesia
01 January 2019 17:20
Buronan 1MDB Ini Sebut Mahathir Sita Yachtnya Secara Tak Sah
Jakarta, CNBC Indonesia - Buronan kasus skandal pencucian uang 1Malaysia Development Berhad (1MDB), Low Taek Jho mengklaim pengadilan Amerika Serikat telah memberikan mosi pada Departemen Kehakiman AS (DoJ) untuk membatalkan penyitaan Superyacht bernama Equanimity.

Hal ini sampaikan Jho Low melalui pengacaranya dan mengatakan DoJ telah mencapai persetujuan dengan pemilik superyacht Equanimity (Cayman) Ltd, untuk membatalkan aksi penyitaan.

"Walaupun itu bukan hasil yang sempurna, itu masuk akal dan dapat dimengerti, mengingat pemerintahan Mahathir secara tidak sah merebut kapal pesiar dari Indonesia, terang-terangan melanggar hukum Indonesia dan tanpa memperhatikan perintah pengadilan AS yang dirancang untuk memastikan semua pihak diberikan hak penuh di bawah hukum," ujar Low, seperti dilaporkan The Star, Selasa (1/1/2019).


Jho Low kembali menegaskan aksi perebutan kapal pesiar dari Indonesia dan menaruhnya di Port Klang (Malaysia) dan kemudian menjadikan kapal sebagai objel pemberitaan medita telah membuat nilai kapal tersebut turun, ini menjadi tanggung jawab pemerintah Malaysia.

Jho Low mengatakan pemerintahan Mahathir telah gagal menjual kapal dengan nilai pasar wajar di pelelangan.

The Equanimity (kapal pesiar) disita di lepas pantai Bali oleh pemerintah Indonesia pada Februari tahun lalu atas permintaan AS sebagai bagian dari penyelidikan skandal 1Malaysia Development Bhd (1MDB) bernilai miliaran dolar AS.

Pemerintah Indonesia kemudian menyerahkan kapal kepada pihak berwenang Malaysia Agustus lalu.

Pemerintah Malaysia dilaporkan telah membuka lelang kapal pesiar ini dan penawaran ditutup pada 28 November tahun lalu. Peminat kapal pesiar ini data dari Asia, Eropa, Timur Tengah dan AS.

The Equanimity adalah salah satu dari banyak barang mewah yang disita sebagai bagian dari penyelidikan skandal pencucian uang dalam skandal 1MDB. The Equanimity yang memiliki panjang 91,5 meter ini, dilaporkan memiliki tempat pemandian khas Turki, kolam renang, dan landasan pendaratan helikopter.

[Gambas:Video CNBC]

(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading