PLTU Lontar 315 MW Bisa Beroperasi Tahun Ini

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
29 March 2019 16:28
PLTU Lontar 315 MW Bisa Beroperasi Tahun Ini
Tangerang, CNBC Indonesia- Pengerjaan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lontar Unit 4 di Balaraja, Tangerang sudah mencapai 87,86%. Proyek ini ditargetkan beroperasi pada kuartal ketiga tahun ini.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Bara (UIP JBB), Ratna Sjamsuddin, menjelaskan, sejauh ini PLTU Lontar ini telah menyelesaikan pembangunan Boiler Hydrotest pada bulan Maret.




"Salah satu kegiatan penting pelaksanaan boiler sudah mulai dan kami harapkan tahun ini sudah bisa beroperasi," ungkapnya dalam pers briefing di sekitar lokasi proyek, Jumat (29/3/2019).

PLTU Lontar unit 4 sendiri berkapasitas 315 megawatt (MW). Kehadiran proyek ini sebagai ekspansi dari PLTU yang sudah ada dari unit 1, 2, dan 3. Masing-masing telah beroperasi secara komersial.

Seperti unit 4, tiga unit sebelumnya juga berkapasitas 315 MW. Dengan demikian, kapasitas PLTU Lontar yang telah dioperasikan PT PLN (Persero) saat ini berkapasitas total 945 MW. 

"Proyek ini merupakan tambahan dari proyek eksisiting yang berkapasitas 315 MW," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Regional Jawa Bagian Barat, Haryanto WS menjelaskan bahwa pembangunan PLTU Lontar ini sangat penting. Menurutnya, PLTU ini berdampak pada pertumbuhan ekonomi di regional DKI Jakarta dan Banten. 

"Ini merupakan salah satu pembangkit di Jawa bagian barat yang berfungsi menopang kecukupan daya khususnya Jakarta di sekitarnya. Mendukung pengembangan daerah Banten. Dan mendukung kelistrikan di Jawa-Bali," pungkasnya. 

Saksikan video pembangkit tertua di Jawa Barat ini
[Gambas:Video CNBC]

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading