Internasional

Bahas Damai Dagang, AS-China Bersua Lagi Malam Ini

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
28 March 2019 16:19
Bahas Damai Dagang, AS-China Bersua Lagi Malam Ini
Beijing, CNBC Indonesia - Kementerian perdagangan China, Kamis (28/3/2019), mengatakan Wakil Perdana Menteri Liu He akan mengadakan pembicaraan dagang malam ini dengan perwakilan perdagangan Amerika Serikat (AS) Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin.

Pembicaraan itu diperkirakan berlangsung selama satu hari penuh pada hari Jumat, kata juru bicara kementerian Gao Feng kepada wartawan dalam sebuah briefing rutin.



Gao mengatakan kedua belah pihak telah mencapai beberapa kemajuan selama melakukan panggilan telepon sebelumnya, tetapi masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, seperti dikutip dari Reuters.

Rabu kemarin, empat pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa kedua negara telah membuat kemajuan di semua bidang yang dibahas dalam pembicaraan dagang, di mana ada pergerakan yang belum pernah terjadi sebelumnya mengenai masalah sensitif transfer teknologi paksa.

Bahas Damai Dagang, AS-China Bersua Lagi Malam IniFoto: Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin menyaksikan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer (kiri) berjabat tangan dengan Wakil Perdana Menteri Cina dan ketua perunding perdagangan Liu He (kanan) ketika mereka tiba untuk sesi pembukaan negosiasi perdagangan di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing, Kamis, (14/2/2019). (Mark Schiefelbein / Pool via REUTERS)

Namun begitu, masih ada beberapa hal yang belum dapat diselesaikan, kata mereka.

Seorang pejabat mengatakan China telah mengajukan proposal untuk dirundingkan, yang isinya banyak berubah dibandingkan proposal yang lalu. Hal itu diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan untuk memenuhi tuntutan AS yang telah memaksa China untuk membuat perubahan struktural dalam ekonominya.

"Mereka berbicara tentang transfer teknologi paksa dengan cara yang mereka tidak pernah ingin bicarakan sebelumnya, baik dalam hal ruang lingkup dan spesifik," katanya. Sumber tersebut tidak ingin disebutkan identitasnya.




Perundingan ini adalah pertemuan tatap muka pertama yang dilakukan kedua belah pihak dalam beberapa minggu setelah mengadakan pertemuan di AS. Pembicaraan itu diharapkan dapat berujung pada pertemuan antara Presiden Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping untuk menandatangani perjanjian dagang.

Para pejabat tinggi kedua negara juga dijadwalkan untuk mengadakan pembicaraan dagang lagi di Washington pekan depan, mengutip CNBC International. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading