Luhut Sebut AKR Bisa Jual Avtur Mulai 1 April 2019

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
27 March 2019 - 16:22
Luhut Sebut AKR Bisa Jual Avtur Mulai 1 April 2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah melakukan rapat dengan maskapai dan pelaku industri pada Senin (25/3/2019). Dalam notulen rapat tersebut, diketahui salah satu poinnya adalah meminta agar izin jual avtur AKR dapat dipercepat dan diberikan tanggal 1 April 2019 agar segera menjadi competitor Pertamina.

Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut kenapa harus menunggu lama jika memang izin tersebut bisa dipercepat.


"Ya kenapa tidak? Kami juga maunya begitu. Kalau mereka (AKR) minta tanggal sekian, saya bilang kenapa mesti tunggu lama-lama?," kata Luhut kepada wartawan sesuai menjadi pembicara dalam Seminar bertajuk "Pengembangan Industri Sawit untuk Kemandirian Energi" di Ayana Mid Plaza, Jakarta, Rabu (27/3/2019). 



Luhut Sebut AKR Bisa Jual Avtur Mulai 1 April 2019Foto: Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan di Seminar pengembangan industri sawit untuk kemandirian energi (CNBC Indonesia/Anastasia Arvirianty)


Adapun, berdasarkan informasi yang dihimpun CNBC Indonesia, pada Selasa (26/3/2019), rapat terkait harga tiket pesawat kembali digelar. Keputusan rapat adalah maskapai akan menghitung kalkulasi bisnis pemberian diskon tarif atau menurunkan harga tiket pesawat dalam waktu kurang dari seminggu.

Formula final akan diumumkan oleh Kementerian Perhubungan kurang dari satu pekan. Maskapai sudah sepakat mengikuti formula pemberian diskon untuk tiket pesawat yang diusulkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.



Saat dikonfirmasi, Luhut mengatakan rapat berjalan positif.

"Ya bagus. Mereka bilang akan lakukan adjustment (penyesuaian) sana-sini sesuai dengan perhitungan perusahaan mereka," ujarnya.

Saat dikonfirmasi besaran penurunan harga tiket berada pada kisaran 10% hingga 20%, Luhut enggan membeberkan.

"Coba tanya mereka saja. Kalau saya tahu ya masa saya kasih tahu," katanya sembari tertawa.

Simak video rencana AKR berbisnis avtur di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading