Jargas Samarinda Rampung, 4.500 Rumah Dialiri Gas Bumi

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
26 March 2019 20:01
Jargas Samarinda Rampung, 4.500 Rumah Dialiri Gas Bumi
Jakarta, CNBC Indonesia - Samarinda kini dialiri jaringan gas (jargas) untuk 4.500 sambungan rumah (SR). Gas dipasok dari PT Pertamina EP Asset 5 Sangatta sebanyak 0,25 mmscfd. Dengan begitu, masyarakat Kota Samarinda, Kalimantan Timur tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli Liquified Petroleum Gas (LPG).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto mengatakan akan ada penghematan yang dirasakan masyarakat, dan diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat. Pembangunan jargas menurutnya bisa mengoptimalkan potensi daerah setempat.

"Saya harap jargas ini bisa membantu ekonomi masyarakat lebih mandiri, mengurangi beban subsidi BBM atau LPG pada sektor rumah tangga," kata Djoko, Selasa (26/03/2019).


Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pertamina Gas Wiko Migantoro mengatakan Pertamina akan mengalirkan gas kota melalui proses aktivasi meter dan konversi kompor yang dilakukan secara bertahap oleh operator PT Pertagas Niaga sejak Desember 2018.

"Pertagas Niaga akan menjadi pelaksana untuk proses konversi tersebut dengan memodifikasi kompor gas yang telah dimiliki warga," kata Wiko.

Walikota Samarinda Syaharie Jaang mengatakan pembangunan jargas ini menjawab keluhan masyarakat yang kadang merasa kesulitan memperoleh BBM dan LPG 3 kg.

"Mereka tahunya Kaltim kaya migas, tapi orang harus mengantri di SPBU. Tabung LPG 3 kg juga begitu. Mungkin di daerah lain juga sama," katanya.

Tahun lalu Provinsi Kalimantan Timur mendapatkan aliran gas yang tersebar di Kota Balikpapan sebanyak 8.849 SR, Kota Bontang 16.965 SR, Kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 4.260 SR dan Kota Samarinda 4.500 SR. Total, provinsi tersebut mendapatkan pembangunan jargas sebanyak 34.574 SR sejak 2010.

Pada 2019 rencananya akan dibangun sebanyak 78.216 SR jargas di 18 lokasi.

Saksikan video Jargas sudah Menjangkau 300 Ribu Lebih Rumah Tangga

[Gambas:Video CNBC]


(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading