Internasional

Siap-siap, Perundingan Dagang AS-China Dibuka Lagi

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
24 March 2019 15:51
Siap-siap, Perundingan Dagang AS-China Dibuka Lagi
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengirim Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin ke Beijing, China, Kamis (28/3/2019).

Keduanya dikirim untuk melanjutkan pembicaraan dagang antara AS dengan China, kata Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders, Sabtu.

Siap-siap, Perundingan Dagang AS-China Dibuka LagiFoto: Presiden AS Donald Trump bertemu Wakil Perdana Menteri China Liu He (REUTERS/Jim Young)

Pada 22 Februari, Presiden China Xi Jinping telah menyampaikan pesan optimistis kepada Trump serta menyerukan AS dan China untuk meningkatkan upaya mereka untuk lebih sering bertemu setelah hampir mencapai kesepakatan dagang.

Kedua negara telah lama mengupayakan tercapainya kesepakatan dagang melalui berbagai pembicaraan, yang salah satunya adalah pertemuan bilateral tingkat tinggi di Washington pada Februari lalu itu.



Lighthizer, yang telah menghadiri pertemuan Oval Office, mengatakan negosiasi telah membuat beberapa kemajuan. Tetapi, ia juga mengatakan tetap ada "beberapa rintangan yang sangat besar" yang membuat kesepakatan belum bisa dicapai.

Para negosiator AS akan didampingi oleh Wakil Deputi Dagang AS Jeffrey Gerrish dan pejabat senior lainnya dari Kantor Perwakilan Dagang AS dan Departemen Perbendaharaan.

Menurut Sanders, Amerika Serikat diperkirakan akan menerima kunjungan delegasi dari China, yang dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Liu He, untuk mengadakan pertemuan di Washington mulai 3 April mendatang. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading