Bila Terpilih, Prabowo-Sandi Janji Beli Kembali Indosat

News - Monica Warezaa & Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
20 March 2019 21:03
Bila Terpilih, Prabowo-Sandi Janji Beli Kembali Indosat
Jakarta, CNBC Indonesia - Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno berjanji melakukan pembelian kembali (buyback) saham PT Indosat Tbk (ISAT) yang saat ini dimiliki oleh investor Qatar. 

Janji yang sama pernah disampaikan calon presiden nomor urut 01, yang juga petahana Presiden Joko Widodo. Namun, Jokowi belum menuntaskan janji tersebut hingga saat ini.

Hal itu dikatakan Sandiaga di sela sela kampanye di Klender, Jakarta Timur, iya menyebut upaya pembelian kembali saham ISAT dilakukan untuk menyempurnakan Sistem Integrasi Nasional (SIN).


"Sebetulnya ide Pak Jokowi untuk mem-buyback Indosat itu bagus. Dan di bawah Prabowo-Sandi, akan kita usahakan," kata Sandiaga di Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (20/3/2019) melansir Detik.com.

Jika terpilih sebagai wakil presiden, Sandi mengaku akan melakukan komunikasi dengan Qatar perihal rencana buyback saham Indosat.

"Kita bicara dengan Qatar, bagaimana kita kolaborasi Indonesia bisa punya kedaulatan datanya sehingga nanti sistem integrasi SIN dengan penggunaan big data itu bisa dikawal dengan perusahaan dan dikontrol oleh perusahaan-perusahaan seperti Telkomsel, Indosat. Di situ kan mereka bisa mengawal sehingga data kita kuat didorong bukan hanya oleh pemerintah, tapi dunia usaha juga yang dikelola oleh pemerintah," terangnya.

Mengacu data Bursa Efek Indonesia, saat ini Ooredoo Asia Pte. Ltd. masih menjadi pengendali saham ISAT dengan komposisi kepemilikan sebesar 65% atau 3,53 miliar saham. Pemerintah Indonesia menggenggam 14,29% atau 776 juta saham, sisanya saham publik sebesar 20,71% atau 1,12 miliar saham.

Pada perdagangan hari ini, saham ISAT ditransaksikan melemah 120 poin atau 4% ke level Rp 2.880 per saham dari posisi pembukaan perdagangan di level Rp 2.980 per saham. Adapun nilai kapitalisasi pasar saham ISAT sebesar Rp 15,65 triliun.

Menurutnya, integrasi ini perlu pusat kontrol data yang besar. Maka dari itu, dia berencana membeli kembali saham Indosat untuk memperkuat integrasi data.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pernah mengungkapkan rencana membeli kembali saham Indosat saat Pilpres 2014 lalu. Namun hingga kini rencana itu belum kunjung terealisasi.

"Menurut saya belum diseriusin saja. Kalau diseriusin, saya rasa bisa dan Prabowo-Sandi melihat dari berbagai janji Pak Jokowi yang belum ditunaikan itu salah satu yang akan kita seriusin dan insyaallah kita akan teruskan," kata Sandiaga.

Saksikan video Indosat Catat Rugi Bersih Rp 2,4 T

[Gambas:Video CNBC]
(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading