Sawit Ditolak Eropa, Bos Pertamina: Jangan Berkecil Hati!

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
19 March 2019 12:48
Sawit Ditolak Eropa, Bos Pertamina: Jangan Berkecil Hati!
Pekanbaru, CNBC Indonesia- Komisi Eropa memutuskan untuk menghapus secara bertahap penggunaan bahan bakar nabati/BBN (biofuel) berbasis minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) hingga 2030. 

Kendati demikian, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) mengatakan, agar jangan berkecil hati jika Eropa menolak sawit.



"Jangan kecil hati kalau Eropa menolak sawit, karena kita bisa manfaatkan sawit untuk jadi sumber energi," ujar Nicke saat dijumpai dalam acara BUMN Goes to Campus, di Pekanbaru, Riau, Selasa (19/3/2019).


Lebih lanjut, ia mengatakan, pasalnya potensi sawit di Indonesia luar biasa. Di Sumatra misalnya, Pertamina akan mengoptimalkan seluruh potensinya dalam rangka meningkatkan kemandirian energi.

"Sumatra ada sawit, sawit kita berlimpah, ini menjadi satu opsi untuk bioenergi. Hari ini kami kerja sama dengan PTPN dan RNI untuk olah sawit jadi fuel avtur, kami bangun kilangnya di Plaju dan Dumai, dan hasilnya dari B20 nantinya bisa jadi B100," papar Nicke.

Adapun, sebelumnya, meski Eropa melakukan pelarangan penggunaan sawit untuk bahan bakar biofuel, Pemerintah Indonesia meyakini program B20 masih akan tetap dijalankan.

Malah, telah mengantisipasi dengan menyiapkan sejumlah cara agar penyerapan CPO domestik tetap optimal. 

Saat dihubungi CNBC Indonesia pekan lalu, Direktur Bionergi Ditjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Feby Andriah menjabarkan, ada beberapa program penggunaan CPO yang sedang dikembangkan.

Program-program tersebut yakni, penggunaan B30, dan co-processing di kilang untuk menghasilkan green fuel dengan bahan baku 100% CPO.
"Selain itu, kami juga akan menggantikan solar-solar di PLTD PLN agar menggunakan CPO. Mudah-mudahan hal ini bisa menyerap CPO dengan maksimal," pungkasnya.

Saksikan video jeritan industri sawit di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading