Ini Alasan Prabowo-Sandi Hapuskan Ujian Nasional

News - Samuel Pablo & Monica Wareza, CNBC Indonesia
17 March 2019 22:00
Ini Alasan Prabowo-Sandi Hapuskan Ujian Nasional Foto: Calon wakil presiden Sandiaga Uno memberi tanggapan pada acara Debat Pilpres tahap ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3). Debat pilpres ketiga membahas soal pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan Prabowo-Sandi akan menghapus Ujian Nasional bila terpilih memimpin Indonesia periode 2019-2024.

Pernyataan Sandi tersebut disampaikan pada saat sesi pendidikan di Debat Cawapres 2019. Nah, pada sesi debat, Sandi membuka alasan kenapa Ujian Nasional harus dihapuskan.

"Kami akan hapus Ujian Nasional yang menjadi sumber biaya tinggi bagi sistem pendidikan," ujar Sandi di Hotel Sultan, Jakarta Minggu (17/3/2019).


Selain persoalan biaya, menurut Sandi, banyak kurikulum dalam ujian nasional yang tidak terpakai oleh para siswa dalam dunia pekerjaan. "Ujian Nasional tidak berkeadilaan kami ganti dengan penelusuran minat bakat yang sangat aplikatif. Peserta didik bisa diarahkan ke mana kemampuannya," ujar Sandi.

Sandi juga mengatakan selain pembangunan infrastruktur fasilitas pendidikan, fokus Prabowo-Sandi adalah peningkatan kualitas guru. Menurutnya, kalau guru berkualitas dan berkompetensi maka kesejahteraan guru akan semakin baik.

"Prabowo-Sandi berkomitmen meningkatkan kualitas guru tingkatkan kualitas pastikan kesejahteraan," ujarnya.

Sebagai informasi, Debat Cawapres 2019 tahap ketiga ini mengusung tema "Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, serta Sosial dan Kebudayaan". Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Ma'ruf Amin akan "bertarung" dengan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno pada malam ini, Minggu (17/3/2019), di Hotel Sultan, Jakarta.

Berbeda dengan debat Capres, dalam debat Cawapres kedua kandidat boleh duduk ketika tidak melakukan pemaparan.



(dob/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading