Cerita Tragis Detik-detik Jatuhnya Boeing 737 MAX 8 Ethiopian

News - Wahyu Daniel, CNBC Indonesia
15 March 2019 12:38
Cerita Tragis Detik-detik Jatuhnya Boeing 737 MAX 8 Ethiopian
Jakarta, CNBC Indonesia - Pada hari Minggu lalu, pesawat Boeing 737 MAX 8 milik Ethiopian Airlines jatuh dan menewaskan 157 orang penumpangnya. Tiga menit setelah lepas landas dari bandara Addis Ababa, pilot pesawat meminta izin untuk kembali karena kecepatan pesawat abnormal.

Dari laporan New York Times, seperti dilansir dari AFP, Jumat (15/3/2019), seluruh kontak antara menara pengawas di bandara dengan Ethiopian Airlines nomor penerbangan 302 menuju Nairobi, hilang lima menit setelah pesawat lepas landas.

Semenit setelah pesawat lepas landas dari bandara, Kapten Pilot Yared Getachew melapor kepada menara pengawas, adanya masalah pada pesawat. Saat itu pesawat di bawah ketinggian minimum, dan masih terus naik.




Kemudian, pilot meminta izin untuk kembali ke bandara tiga menit setelah lepas landas. Menara pengawas memberikan izin, namun pesawat tersebut terus naik ke ketinggian yang tidak biasa, dan tiba-tiba menghilang dari radar militer.

Investigasi jatuhnya pesawat ini masih dalam tahap awal. Dua kotak hitam pesawat ini dibawa ke Prancis untuk dianalisis.

Para ahli mengatakan, terlalu dini untuk berspekulasi terkait dampak jatuhnya pesawat tersebut. Atau menghubungkannya dengan kecelakaan pesawat yang sama milik Lion Air pada lima tahun yang lalu yang menewaskan 189 penumpang. Insiden ini dilaporkan karena kombinasi masalah teknikal dan faktor manusia.

Akibat kecelakaan ini, banyak negara memberlakukan larangan terbang sementara pesawat Boeing 737 MAX 8 dan MAX 9 yang dimilikinya. Bahkan ada yang melarang adanya pesawat Boeing 737 MAX terbang di wilayah udaranya.

Saat ini ada lebih dari 300 unit pesawat Boeing 737 MAX 8 dan MAX 9 yang beroperasi di seluruh dunia.

Cerita Tragis Detik-detik Jatuhnya Boeing 737 MAX 8 EthiopianFoto: Infografis/Boeing 737 max 8 Dilarang Terbang/Edward Ricardo


Berikut fakta-fakta terkini Boeing 737 MAX pasca jatuhnya Ethiopian Airlines:
  • Boeing menghentikan pengiriman seluruh jenis 737 MAX ke para pembelinya
  • Data satelit dari penerbangan Ethiopian Airlines dan dari bukti-bukti di lokasi kecelakaan menunjukkan adanya kesamaan dengan inside Lion Air. Ini membuat Federal Aviation Administration (FAA) melarang sementara penerbangan Boeing 737 MAX.
  • Pilot dari penerbangan Ethiopian Airlines melaporkan adanya masalah pada kontrol internal dan mendapatkan izin untuk kembali ke bandara
  • Butuh beberapa hari untuk bisa membaca kotak hitam
  • Peristiwa kecelakaan membuat nilai pasar saham Boeing jatuh US$ 26 miliar
  • Pesawat Boeing 737 MAX ini bakal dilarang terbang hingga berminggu-minggu. Karena harus dipasang software baru di setiap pesawat

Saksikan video Trump larang Boeing 737 MAX terbang

[Gambas:Video CNBC]
(wed/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading