Kotak Hitam Ethiopian Airlines Tiba di Paris untuk Dianalisis

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
14 March 2019 17:32
Kotak Hitam Ethiopian Airlines Tiba di Paris untuk Dianalisis
Paris, CNBC Indonesia - Kotak hitam (black box) pesawat Boeing 737 MAX 8 milik maskapai Ethiopian Airlines yang jatuh pada Minggu (10/3/2019) telah tiba di Paris, Prancis, Kamis (14/3/2019). Kotak hitam itu akan dianalisis demi mengungkap tragedi yang memakan korban 157 orang itu.

Juru Bicara Biro Penyelidikan dan Analisis Keamanan Penerbangan Sipil Prancis mengatakan, dua kotak hitam itu akan berisi parameter penerbangan dan juga percakapan di kokpit. Dia mengatakan ada kurang dari selusin laboratorium di seluruh dunia yang mampu membaca perangkat tersebut.




Isi data penerbangan dan perekam suara kokpit yang akan diperiksa diyakini dapat memberikan detail penting terkait penyebab pesawat itu jatuh, menurut para ahli.

"Ketika kotak hitam belum (rusak), kaset atau hard disk utuh, data mudah dipulihkan," kata sang juru bicara dilansir CNN International.

Ia menambahkan analisis bisa memakan waktu berhari-hari. Ethiopia telah meminta bantuan Prancis untuk menyelidiki kotak hitam. Sebab, negara mereka tidak memiliki peralatan yang memadai.

Foto: Serpihan kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines Flight ET 302 (AP/Mulugeta Ayene)


Ethiopian Airlines jatuh pada Minggu (10/3/2019). Kecelakaan itu terjadi tak lama setelah peristiwa jatuhnya Lion Air di Tanjung Karawang, Jawa Barat, Oktober 2018. Kecelakaan Ethiopian Airlines dan Lion Air terjadi tak lama setelah lepas landas.

"Informasi baru dari reruntuhan di Ethiopia dan data yang baru disempurnakan tentang jalur penerbangan pesawat menunjukkan beberapa kesamaan antara dua kecelakaan," kata FAA dalam sebuah pernyataan.



Dengan ketidakpastian pada 737 MAX, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan pembuat pesawat Eropa yang notabene rival Boeing, Airbus dan Ethiopian Airlines sedang membahas kemungkinan kontrak baru pengadaan pesawat.

Pejabat itu mengatakan Macron dan Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed telah berbicara tentang kemungkinan kontrak baru selama kunjungan Macron ke Addis Ababa awal pekan ini.

Simak video Trump yang melarang terbang sementara Boeing 737 MAX di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading