Sri Mulyani: Kemiskinan Single Digit, First Time in A History

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
13 March 2019 14:51
Sri Mulyani memamerkan angka kemiskinan yang bisa turun dan terendah sepanjang sejarah.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi pembicara pada Dialog Kebijakan Fiskal, Moneter dan Investasi 2019-2024 di Universitas Tarumanegara.

Pada kesempatan tersebut, Sri Mulyani memamerkan angka kemiskinan yang bisa turun dan terendah sepanjang sejarah.

"Selain pertumbuhan yang bagus, Indonesia juga capai beberapa hal. Kemiskinan menurun untuk pertama kalinya single digit, first time in the history. Sejak kita merdeka pertama kalinya ini," ungkap Sri Mulyani, Rabu (13/3/2019).


Dijelaskan Sri Mulyani setelah tingkat kemiskinan turun menjadi single digit, menjadi tantangan untuk terus menurunkannya lagi di masa depan.

Ia juga mengatakan, selain kemiskinan yang mampu di bawah 10%, tingkat kesenjangan juga menurun dan middle class atau kelas menengah terus tumbuh.

"Ini artinya Indonesia mampu mengatasi situasi yang terjadi. Jika lihat AS kemarin pernah tumbuh tinggi kesenjangannya, selain itu Brazil juga," kata Menkeu.

Selain itu, angka pengangguran, sambung Sri Mulyani juga mengalami penurunan dan menjadi yang terbaik sejak 2012 lalu. Semua terjadi di tengah ketidakpastian global.

"Ketidakpastian masih akan terus berlangsung, untuk jaga momentum pertumbuhan, maka instrumen kita jaga yang penting yakni kebijakan fiskal," kata Sri Mulyani.



Simak Video Menteri Perempuan Kabinet Jokowi yang Bergelimang Prestasi
[Gambas:Video CNBC]


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading