Exxon dan Qatar Temukan Cadangan Gas Terbesar Dunia Tahun Ini

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
01 March 2019 11:46
Exxon dan Qatar Temukan Cadangan Gas Terbesar Dunia Tahun Ini
Jakarta, CNBC Indonesia- ExxonMobil dan rekannya Qatar Petroleum mengumumkan penemuan cadangan gas besar dengan sumur Glaucus-1, yang dibor di lepas pantai Siprus.

Peneliti Senior Wood Mackenzie Robert Morris menuturkan, penemuan ini termasuk dalam penemuan cadangan raksasa.




"Glaucus adalah raksasa. Ini akan menjadi salah satu penemuan terbesar tahun ini," ujar Robert melalui keterangan resminya, Jumat (1/3/2019).

Lebih lanjut, ia mengatakan, berdasarkan pengumuman dari ExxonMobil dan data analog di lapangan, menurut analisisnya, Glaucus dapat menampung 4,55 triliun kaki kubik sumber daya yang berpotensi diproduksi, atau sekitar 800 juta barel setara minyak.

"Penemuan ini mempertahankan posisi Mediterania Timur sebagai salah satu hotspot eksplorasi utama dunia," tambahnya.

Selain itu, Robert menilai, penemuan ini adalah bukti lebih dari kesuksesan besar dalam eksplorasi di tahun-tahun sejak penurunan kinerja industri migas. ExxonMobil telah berada di garis depan kesuksesan tersebut, dengan serangkaian penemuan terkemuka dunia, seperti di Guyana dan sekarang Siprus.

Untuk Qatar Petroleum, lanjut Robert, Glaucus merupakan kelanjutan dari keberhasilannya pada 2019, sebagai lanjutan dari 25% sahamnya dalam penemuan Brulpadda yang dioperasikan Total di Afrika Selatan. Ini juga menjadi bukti tepatnya strategi untuk bermitra dengan ExxonMobil di cekungan eksplorasi profil tinggi.

Namun, Robert berpendapat, masih ada ketidakjelasan menyangkut komersialisasinya. Pasalnya, ada ruang terbatas di pasar lokal dan infrastruktur ekspor yang ada, dan volumenya tidak mencukupi untuk ExxonMobil dan mitranya Qatar Petroleum untuk mengisi dua train kilang LNG yang merupakan tujuan dari dilakukannya kerja sama kedua pihak.

Lalu, apakah ExxonMobil akan menganalisis hasilnya dan kembali untuk mencari lebih banyak gas? Atau mungkinkah ini menjadi celah untuk kemungkinan kolaborasi? Robert mengatakan, dengan Eni dan Total membuat penemuan raksasa serupa di blok tetangga tahun lalu, maka pengembangan bersama berpotensi menghasilkan gas yang cukup untuk mendukung pengembangan LNG greenfield. 

"Kemitraan akan memperkuat kolaborasi di ExxonMobil dan pengembangan LNG Eni di Mozambik," pungkasnya.

Saksikan video Exxon dan Qatar investasi US$ 10 miliar untuk temukan blok gas terbesar dunia ini
[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading