Di Gorontalo, Jokowi Lepas Kontainer Ekspor Jagung

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
01 March 2019 10:28
Di Gorontalo, Jokowi Lepas Kontainer Ekspor Jagung
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo, Jumat (1/3/2019).

Jokowi, melalui keterangan resmi Biro Sekretariat Kepresidenan dijadwalkan akan meninjau pasar di Kota Gorontalo dan menghadiri acara panen raya Jagung. Kepala negara pun dijadwalkan melakukan pelepasan kontainer ekspor jagung di Desa Botuwombatu, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo.




Persoalan jagung memang kerap kali menjadi polemik, setelah pemerintah mengklaim telah berhasil menekan impor jagung dari 3,5 juta ton di 2014 menjadi 'hanya' 180 ribu ton di tahun lalu.

Meski demikian, data ekspor-impor Badan Pusat Statistik (BPS) Januari lalu yang dikutip CNBC Indonesia mencatat total impor jagung sepanjang 2018 mencapai 737.228 ton. Adapun tiga negara asal impor terbesar berasal dari Argentina sebanyak 326.580 ton, Brasil 222.578 ton, dan Amerika Serikat (AS) 186.142 ton.



Panen raya jagung dan pelepasan ekspor jagung pun menjadi angin segar bagi kemajuan komoditas tersebut, yang kerap kali dipertanyakan oleh beberapa pihak, terutama oleh oposisi.

"Dalam debat tadi malam, banyak informasi hoax yang disampaikan pak Jokowi dalam debat kedua. Salah satunya impor jagung itu hanya 180 ribu ton, padahal datanya ada 700 ribu ton lebih pemerintah melakukan impor," kata juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade di Desa Mujur, Kecamatan Kroya, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (18/2/2019), seperti dikutip dari detik.com.

Simak video impor jagung di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading