Pertamina Pastikan Laba 2018 Lebih Dari Rp 5 T

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
28 February 2019 19:12
Pertamina Pastikan Laba 2018 Lebih Dari Rp 5 T
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Pertamina (Persero) masih melakukan audit untuk laporan kinerja keuangan perusahaan di 2018. Namun, perusahaan memastikan akan membukukan laba di atas Rp 5 triliun pada tahun tersebut.

"Pasti (di atas Rp 5 triliun)," ujar Direktur Keuangan Pertamina Pahala Mansury saat dijumpai dalam Rapat Koordinasi BUMN, di Jakarta, Kamis (27/2/2019).




Lebih lanjut, Pahala mengatakan, untuk tahun ini, perusahaan akan melakukan beberapa strategi untuk memperkuat keuangan perusahaan. Misalnya, dengan melakukan investasi untuk mempertahankan produksi, dan memulai beberapa kegiatan investasi untuk pengembangan kilang yang perusahaan miliki.

"Misalnya kontraktor EPC kami tunjuk itu RDMP Balikpapan. Lalu kami lakukan digitalisasi SPBU agar bisa melakukan penyaluran tetap tepat sasaran lalu kemudian melakukan efektivitas biaya baik di upstream, downstream, dan midstream," terang Pahala.



Adapun, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan hasil audit keuangan Pertamina akan selesai pada 9 Maret nanti. Ia berjanji akan mempublikasikan laporan kinerja perusahaan yang dipimpinnya tersebut.

"Tunggu ya, nanti 9 Maret 2019 hasil auditnya keluar, nanti pasti akan dipublikasikan," pungkas Nicke.

Sebelumnya,  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku mendapat bisikan bahwa keuntungan yang berhasil diraup PT Pertamina (Persero) sepanjang 2018 mencapai Rp 20 triliun.

Hal tersebut dikemukakan kepala negara saat menghadiri Gala Dinner Peringatan HUT ke-50 Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Senin (11/2/2019).

Jokowi mengaku, mendapatkan angka tersebut langsung dari Pertamina. "Ah, kemarin [Pertamina] laporan lisan ke saya, untungnya di atas Rp 20 triliun kok," ucap Jokowi, sembari tertawa.

Sampai saat ini Pertamina memang belum membuka laporan keuangannya. Tapi, sebelumnya Pertamina dikabarkan hanya membukukan laba bersih sebesar Rp 5 triliun sampai pada kuartal III-2018. Angka ini didapatkan dari paparan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Perolehan tersebut  merosot jauh dibanding capaian di 2017 lalu, yang tercatat dalam setahun perseroan bisa membukukan laba hingga Rp 35 triliun. 

Saksikan juga video soal temuan cadangan minyak baru Pertamina di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading