Internasional

Bea Impor Otomotif Trump Bisa Pangkas 366.000 Pekerjaan AS

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
18 February 2019 12:39
Bea Impor Otomotif Trump Bisa Pangkas 366.000 Pekerjaan AS
Jakarta, CNBC Indonesia - Pengenaan bea impor terhadap berbagai produk otomotif oleh Amerika Serikat (AS) akan menyebabkan hilangnya ratusan ribu lapangan kerja di dalam negeri, menurut laporan Pusat Riset Otomotif Amerika Serikat (AS) di Ann Arbor, Michigan.

Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) mengirim laporan kepada Presiden Donald Trump yang dapat membuatnya menerapkan bea impor tinggi terhadap mobil dan suku cadang impor, Minggu (17/2/2019).



Trump memiliki waktu 90 hari untuk memutuskan apakah akan menindaklanjuti rekomendasi tersebut.


Para pejabat industri otomotif menduga laporan itu akan menyebabkan diterapkannya bea masuk terhadap kendaraan yang dirakit sepenuhnya atau pada teknologi dan komponen yang terkait dengan kendaraan listrik, otomatis, terhubung, dan berbagi.

Laporan Pusat Riset Otomotif pada hari Jumat pekan lalu menunjukkan bahwa skenario terburuk dari pengenaan bea masuk 25% akan mengorbankan 366.900 pekerjaan terkait otomotif dan industri terkait di AS, dilansir dari Reuters.

Bea Impor Otomotif Trump Bisa Pangkas 366.000 Pekerjaan ASIlustrasi otomotif (Foto: REUTERS/Willy Kurniawan)

Selain itu, harga kendaraan yang terkena bea impor akan naik US$2.750 (Rp 38,8 juta) secara rata-rata, termasuk harga kendaraan yang dirakit di AS.

Kenaikan harga tersebut diperkirakan dapat menurunkan penjualan tahunan mobil hingga 1,3 juta unit dan memaksa banyak konsumen memilih membeli mobil bekas, menurut lembaga think tank tersebut.

Asosiasi pabrikan mobil besar mengatakan tahun lalu bahwa dampak kumulatif bagi AS akan berupa kenaikan harga tahunan mencapai US$83 miliar.

Selain itu, asosiasi juga mengatakan tidak ada bukti bahwa impor otomotif mengancam keamanan nasional.



Departemen Perdagangan memulai penyelidikannya Mei 2018 lalu atas permintaan Trump. Tujuan dari penyelidikan yang disebut Section 232 ini adalah untuk menentukan dampak impor tersebut terhadap keamanan nasional.

Trump pada hari Jumat mengatakan bea impor melindungi industri dan juga membantu AS mendapatkan kesepakatan perdagangan.


Saksikan video mengenai jalan panjang damai dagang berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading