Prabowo: Pisahkan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup

News - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
17 February 2019 21:33
Prabowo: Pisahkan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup
Jakarta, CNBC Indonesia - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan akan memisahkan Kementerian Kehutanan dan Kementerian Lingkungan Hidup karena selama ini menjadi masalah dalam pemberian izin dan pengawasan lingkungan.

Menurutnya, selama puluhan tahun sejumlah perusahaan besar justru mencemari lingkungan. Namun mereka lolos dari kewajibanya karena diduga kongkalikong dengan pejabat terkait.

"Saya akan jalankan pemerintah bersih yang tidak akan kongkalikong dengan orang yang melakukan pencemaran lingkungan," ujarnya dalam debat Pilpres 2019 kedua, di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).



Menurutnya, salah satu penyebab kongkalikong tersebut adalah masih digabungkannya wewenang Kehutanan dan Lingkungan Hidup dalam satu kementerian.

"Saya akan pisahkan menteri kehutanan dan lingkungan hidup. kenapa Kehutanan dijadikan satu dengan lingkungan hidup. Segera akan kita pisahkan sehingga Kementerian Lingkungan Hidup akan benar tegakkan masalah lingkungan hidup," ujarnya.

Menurut Prabowo, solusi ini akan ditindaklanjuti dengan pengetatan izin-izin kehutanan karena analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) harus dijalankan secara benar.

"Tidak ada jalan pintas untuk amdal yang cepat. Sering ada uji kelayakan yang eto eto (pura-pura)," ujarnya. (dob/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading