Tol Trans Jawa Mahal, JK: Kembali ke Jalan Biasa Saja

News - Shalini & Chandra Gian Asmara & Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
12 February 2019 16:58
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) angkat bicara perihal keluhan terhadap tarif Jalan Tol Trans Jawa yang mahal.
Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) angkat bicara perihal keluhan terhadap tarif Jalan Tol Trans Jawa yang mahal. Menurut dia, tarif berbanding lurus dengan investasi yang mahal.

Demikian disampaikan JK kepada wartawan saat ditemui sesuai memimpin rapat koordinasi di kantor Wapres, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

"Kalau gak mau mahal, jalan biasa saja," ujarnya.




Perihal keluhan perusahaan logistik, JK menilai perusahaan bukan dirugikan. Sebab, selalu ada pilihan dalam operasional.

"Ya kalau mahal kembali ke jalan (biasa). Itulah memang ciri jalan tol harus bayar sendiri," kata JK.



Sebagaimana diketahui, sejak diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir tahun lalu, sejumlah ruas Tol Trans Jawa masih gratis. Tarif gratis ini berlaku pada masa angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Mulai 21 Januari 2019, tidak ada lagi ruas tol gratis di Jalan Tol Trans Jawa. Sebagai gantinya, pemberlakuan tarif ruas Jalan Tol Trans Jawa dibarengi dengan pemberian diskon tarif sebesar 15% selama dua bulan sejak diberlakukan.

Diskon tarif tol diberikan kepada pengguna jalan tol jarak terjauh dalam satu Cluster di Cluster II, Cluster III, dan Cluster IV (barrier to barrier).

Tol Trans Jawa Mahal, JK: Kembali ke Jalan Biasa SajaFoto: infografis/infografis Mengintip Kocek yang Keluar dari Pembangunan Tol Trans Jawa/Aristya Rahadian Krisabella


PT Jasa Marga Tbk mencatat penurunan animo masyarakat melintasi Jalan Tol Trans Jawa. Grafik menurun terjadi sejak pemberlakuan tarif di seluruh ruas tol yang membentang dari Merak hingga Pasuruan itu.

"Setelah bertarif, kendaraan Golongan I turun hampir 1,7%. Sedangkan Golongan II dan II turun 4,7%. Wajar karena tadinya gratis lalu bayar," ujar Direktur Operasi II PT Jasa Marga Subakti Syukur saat jumpa pers di kantor pusat Jasa Marga, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Simak video terkait Jalan Tol Trans Jawa di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading