Pesawat Sepi Penumpang, Ini Penjelasan Resmi Kemenhub

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
11 February 2019 12:17
Pesawat Sepi Penumpang, Ini Penjelasan Resmi Kemenhub
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B. Pramesti angkat bicara perihal perkembangan terkini bisnis penerbangan Indonesia. Seperti diketahui, baru-baru ini ramai kabar sepinya penumpang Lion Air rute Padang Jakarta yang disebut hanya mengangkut tiga penumpang pada Jumat (8/2/2019).

Hal itu memicu diskusi bahwa bisnis penerbangan terimbas mahalnya tarif tiket pesawat hingga keberadaan kebijakan bagasi berbayar.


Dalam keterangan pers yang diterima CNBC Indonesia, Senin (11/2/2019), Pola Pramesti mengatakan bisnis penerbangan memiliki siklus tersendiri. Misalnya ada musim sepi (low season) dan musim sibuk (peak season).


Low season biasanya terjadi di pertengahan januari sampai bulan Febuari. Penumpang didominasi oleh pebisnis dan pekerja, sementara penumpang dengan keperluan "pleasure" atau wisatawan menurun.

Sedangkan peak season biasanya terjadi di tengah tahun, saat liburan sekolah dan akhir tahun saat liburan natal dan tahun baru. Ada juga puncak peak season yang khusus terjadi di Indonesia yaitu libur Lebaran.

"Penurunan penumpang, hampir terjadi setiap tahun, memang kondisi low season yang merupakan siklus tahunan, yaitu Januari, Februari, dan Maret baru mengalami peningkatan," tutur Polana



Dari data angkutan udara domestik yang dihimpun Ditjen Hubud terlihat adanya fluktuasi jumlah penumpang. Pada 2016, jumlah penumpang Januari 6,7 juta, Februari 6,4 juta, Juli 8,7 juta, dan Desember 8,4 juta.

Tahun 2017, bulan Januari jumlah penumpang 7,7 juta, Februari 6,5 juta, Juli 9,5 juta, dan Desember 9,0 juta. Sedangkan tahun 2018, bulan Januari jumlah penumpang 8,3 juta, Februari 7,5 juta, Juli 9,7 juta dan Desember 8,1 juta penumpang.

"Jadi saya mengajak semua stakeholder untuk optimis memandang bisnis penerbangan tahun ini akan terus tumbuh dan berkembang. Mari kita kerja keras dan cerdas dengan saling bersinergi. Dan yang paling penting, harus tetap mengutamakan keselamatan, keamanan, pelayanan dan patuh terhadap aturan-aturan penerbangan yang berlaku," ujarnya.

Simak video terkait keuangan maskapai Indonesia di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]



(miq/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading