Maju Mundur Lahan Kilang Tuban, Pertamina: Kelar Tahun Ini!

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
06 February 2019 - 13:56
Maju Mundur Lahan Kilang Tuban, Pertamina: Kelar Tahun Ini!
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Pertamina (Persero) menargetkan pembebasan lahan untuk kilang Tuban akan rampung tahun ini. Saat ini, memang kilang tersebut sedang terkendala masalah lahan, pasalnya ada 300 hektar tanah yang merupakan milik masyarakat.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Syahrial Mukhtar mengatakan, pihaknya kini tengah berdiskusi terus kepada masyarakat setempat dengan bantuan Pemerintah Daerah agar lahannya bersedia dibebaskan dan digunakan untuk pembangunan kilang.




"Kilang Tuban itu kan sekitar 400 ha punya pemerintah, dan itu sudah kami proses untuk bisa digunakan. isanya sekitar 300 ha itu punya masyarakat, nah yang punya masyarakat itu kami terus diskusi kepada warga setempat supaya lahannya bisa digunakan untuk kilang baru nanti," ujar Syahrial kepada media saat dijumpai di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Lebih lanjut, ia menuturkan, pembicaraan dengan masyarakat masih terus dilakukan dengan bantuan pemda setempat untuk menjelaskan juga kepada masyarakat kalau keberadaan kilang di Tuban nanti bisa memberikan banyak manfaat. Syahrial menyebutkan, manfaat pertama yang langsung terasa adalah adanya lowongan lapangan kerja bagi warga setempat.

Lowongan pekerjaannya pun, lanjut Syahrial, bukan sekedar lowongan saja, tetapi juga disiapkan masyarakatnya untuk bisa bekerja, dengan pendidikan di balai latihan kerja milik Kementerian Ketenagakerjaan. Pendidikannya, kata Syahrial akan menggunakan anggaran CSR Pertamina, sehingga masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya.

"Selain itu, sudah pasti di mana pun ada proyek investasi itu pasti akhirnya akan tingkatkan ekonomi masyarakat, multiplier effect-nya besar sekali lho, dan itu akan buat ekonomi masyarakat sekitar tumbuh sangat besar sekali, berbagai macam industri pendukung akan ada di sana," tambah Syahrial.

Adapun, dari sisi Pemda, sudah diberikan penetapan lokasi (penlok), dan sudah menjadi dasar perusahaan untuk membangun kilang. Tahapan berikutnya, Pertamina sedang membangun Basic Engineering Design (BED), sambil penyiapan lahan.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) memang memiliki opsi untuk memindahkan lahan pembangunan kilang di Tuban menjadi di Situbondo, yang merupakan lahan milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN).

"Iya ada masalah lahan. Ada ide untuk ubah lokasi, tetapi masih opsi. Apakah tetap di Tuban atau ke Situbondo," ujar Arcandra kepada media saat dijumpai di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (19/10/2018).

Namun, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar memastikan pembangunan proyek kilang Tuban tetap dilakukan di lokasi awal, tidak jadi dipindah ke Situbondo.

"Kilang minyak Tuban tidak pindah lokasi, tetap," kata Arcandra kepada media ketika dijumpai di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Lebih lanjut, Arcandra menjelaskan, dibatalkannya pembangunan kilang minyak di Situbondo telah melalui tahap kajian menyeluruh. Ia menjelaskan, Tuban tetap terpilih menjadi lokasi pembangunan kilang karena di sana sudah tersedia aset, seperti petrokimia.

"Dengan begitu, kilang minyak itu bisa diintegrasikan petrokimia, sehingga memberikan nilai tambah," tuturnya.

Arcandra juga mengatakan, saat ini proses pembangunan kilang Tuban masih dalam proses pembebasan lahan. Adapun, Arcandra menilai, kilang harus bisa fleksibel agar bisa menjawab tantangan perkembangan mobil listrik yang sudah mulai dilakukan.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading