Biaya Logistik RI Masih Mahal, Pemerintah Siapkan Roadmap

News - Iswari Anggit Pramesti, CNBC Indonesia
06 February 2019 10:02
Ongkos logistik di Indonesia masih cukup mahal atau tidak efisien ketimbang negara-negara tetangga.
Jakarta, CNBC Indonesia - OngkosĀ logistik di Indonesia masih cukup mahal atau tidak efisien ketimbang negara-negara tetangga. Pemerintah menginisiasi dibentuknya peta jalan alias roadmap khusus logistik.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengumpulkan pelaku usaha di bidang logistik. Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa langkah konkret.

"Logistic Performance Index kita rankingnya dari 2016 di 63 naik menjadi 46 di 2018. Naik 17 peringkat dalam 2 tahun, tentu saja itu merupakan hasil dari berbagai upaya termasuk pengembangan infrastruktur baik fisik maupun digital," kata Darmin di Gedung Kemenko Perekonomian, Rabu (6/2/2019).


"Walaupun demikian, kalau dibandingkan dengan negara ASEAN kita belum baik. Kita masih rendah dari Malaysia, Thailand, bahkan Vietnam. Oleh karena itu kita berupaya mengefisiensikan sistem logistik yang lebih baik," imbuh Darmin.

Asosiasi, sambung Darmin di lingkungan logistik cukup banyak. Sehingga masukan pun dikumpulkan agar logistik mampu menjadi kunci pertumbuhan ekonomi dari sisi distribusi.

"Sebenarnya Indonesia itu punya yang namanya sistem logistik nasional, yang dahulu dibuat dari Perpres 2012. Kita ingin membuatnya konkret saja sehingga kita coba susun dalam bentuk roadmap," tutur Darmin.









(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading