Internasional

Pemerintah AS Tutup, Bagaimana Nasib Para Wajib Pajak?

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
18 January 2019 12:17
Pemerintah AS Tutup, Bagaimana Nasib Para Wajib Pajak?
Washington, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Steven Mnuchin, Kamis (17/1/2019), menolak permintaan pimpinan Demokrat di komite pajak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk memberi keterangan mengenai dampak penutupan sebagian pemerintah pada musim pelaporan pajak federal yang akan datang.

Dalam sebuah suratnya kepada ketua komite, Richard Neal, Departemen Keuangan menawarkan mengirim pejabat senior yang paling memahami rencana departemen itu selama penutupan pemerintah atau government shutdown.

Pemerintah AS Tutup, Bagaimana Nasib Para Wajib Pajak?Foto: Demo Karyawan Federal AS. (Reuters/Carlo Barria)

Lembaga pajak AS, Internal Revenue Service (IRS), mengatakan akan meminta lebih dari 46.000 karyawan yang dipaksa cuti karena shutdown untuk kembali bekerja dan menangani pelaporan pajak, pengembalian pajak, dan tugas-tugas lainnya.

Musim pelaporan pajak AS akan dimulai pada 28 Januari dan berlangsung hingga batas waktu pengarsipan di 15 April.


Demokrat telah mempertimbangkan kemungkinan dengar pendapat itu sejak Gedung Putih mengatakan awal bulan ini bahwa IRS, badan pajak pemerintah federal yang diawasi oleh Departemen Keuangan, akan melayani pelaporan pajak selama penutupan pemerintahan.


"Jika tujuan dengar pendapat mendatang adalah untuk memberi informasi Kongres dan publik, kami yakin bahwa tujuan akan dipenuhi dengan baik oleh kesaksian dari pejabat departemen senior dengan keahlian terdalam dan terluas tentang isu tersebut," tulis Jennifer Bang, wakil asisten sekretaris departemen, dalam surat kepada Neal, yang dirilis oleh panel.

Neal menanggapi dengan tajam penolakan Mnuchin untuk menghadap.

"Dengan lebih dari 70.000 karyawan Departemen Keuangan cuti dan kehilangan gaji, saya sangat yakin Menteri Mnuchin sendiri harus menghadap ke depan komite kami dan menjawab pertanyaan anggota," kata Neal dalam sebuah pernyataan setelah Mnuchin menolak undangan pada 24 Januari, dilansir dari Reuters.

Sekitar seperempat dari pemerintah federal telah tutup sejak 22 Desember setelah permintaan Presiden Donald Trump untuk mendanai tembok di sepanjang perbatasan AS-Meksiko senilai US$5,7 miliar ditentang Demokrat.

Pemerintah AS Tutup, Bagaimana Nasib Para Wajib Pajak?Foto: Demo Karyawan Federal AS. (Reuters/Carlo Barria)

Penutupan itu memasuki hari ke-27 pada Kamis, dengan hampir 800.000 karyawan federal tidak digaji.

IRS mengatakan akan memberikan beberapa pembayar pajak keringanan dengan menghapuskan sanksi bagi mereka yang memiliki terlalu sedikit pajak penghasilan federal yang dipotong dari gaji mereka tahun lalu, atau yang membayar kurang dari perkiraan kewajiban pajak mereka.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading