Internasional

Ivanka Trump Bukan Calon Bos Bank Dunia, Tapi...

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
15 January 2019 12:10
Ivanka Trump Bukan Calon Bos Bank Dunia, Tapi...
Jakarta, CNBC Indonesia - Gedung Putih pada Senin (14/01/2019) mengatakan Ivanka Trump, putri Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sekaligus penasihat seniornya, tidak dipertimbangkan menjadi Presiden Bank Dunia berikutnya.

Namun, Ivanka turut mengawasi proses internal untuk mencari bos baru lembaga internasional yang bermarkas di Washington itu.



"Menteri [Keuangan Steven] Mnuchin dan Kepala Staf Mulvaney telah meminta Ivanka Trump membantu mengelola proses nominasi AS, karena dia menjalin kerja sama erat dengan kepemimpinan Bank Dunia selama dua tahun terakhir," kata juru bicara Gedung Putih Jessica Ditto dalam sebuah pernyataan, dilansir dari CNBC International.


"Namun, laporan bahwa dia sedang dipertimbangkan adalah tidak benar," tambahnya.

Ivanka Trump Bukan Calon Bos Bank Dunia, Tapi...Ivanka Trump (Foto: REUTERS/Carlos Barria)

Pekan lalu, Financial Times melaporkan Ivanka dan beberapa nama lainnya dipertimbangkan untuk menduduki jabatan tersebut.

Sebelumnya, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengumumkan pengunduran dirinya pada minggu lalu yang akan efektif pada 1 Februari. Kim akan mundur sebelum masa jabatannya berakhir pada 2022.


Kim saat itu dinominasikan oleh mantan Presiden AS Barack Obama.

Reuters, mengutip dua orang yang mengetahui pengumuman itu, melaporkan bahwa Kim meninggalkan Bank Dunia karena alasan pribadi dan "tidak dipaksa mundur" oleh pemerintahan Trump.

Trump diketahui kerap mengambil kebijakan yang bertentangan dengan langkah-langkah Bank Dunia.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading