Tutup Tahun 2018, LRT Jabodetabek Baru Kelar Separuh

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
31 December 2018 16:49
Tutup Tahun 2018, LRT Jabodetabek Baru Kelar Separuh
Jakarta, CNBC Indonesia- Proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek Fase Ini menutup 2018 dengan merampungkan separuh pengerjaan. Direktur Utama PT Adhi Karya Budi Harto menyebut saat ini sudah lebih dari 50% penyelesaian proyek yang ditargetkan operasional pada pertengahan 2019 mendatang itu.

"Sekarang sudah 50% lebih. Yang nanti akhir Januari [2019] ini, kerjaan sipil untuk Cawang - Cibubur selesai. Kemudian rel-relnya sudah dipasang dan sebagainya," ungkapnya di Jakarta, Senin (31/12/2018)

[Gambas:Video CNBC]



Dikatakan, kemungkinan uji coba LRT bisa dilaksanakan dari rute Cawang - Cibubur pada Maret atau April 2019. Rencananya, uji coba bakal berlangsung dua arah sekaligus.

Sementara itu, terkait persoalan lahan dengan Kwarnas Pramuka di Cibubur, dia menjelaskan permasalahan itu akan rampung dalam waktu dekat. "Ya ini kan Pak Ketua yang baru, baru dilantik. Baru nanti minta dukungan dari beliau," urainya.

Di sisi lain, dia optimis rencana operasional akan sesuai target. Apalagi, keberlangsungan proyek tidak terganggu dengan kebijakan Kementerian Perhubungan yang mewajibkan pengaturan waktu pengerjaan tiga proyek di kawasan Tol Jakarta-Cikampek.

"Enggak ada [penghentian]. Sekarang berhenti sementara saja karena Natalan tahun baru saja," pungkasnya.

Sejak September 2015, ADHI telah melaksanakan pembangunan LRT Jabodebek Fase I dengan nilai pekerjaan Rp 22,8 triliun. Perinciannya, lintas pelayanan 1 (Cawang-Cibubur), lintas pelayanan 2 (Cawang-Kuningan-Dukuh Atas), dan lintas pelayanan 3 (Cawang-Bekasi Timur). 

Sampai dengan 16 November 2018, progres pelaksanaan pembangunan LRT Jabodebek Fase I telah mencapai 49,1%. Perinciannya lintas pelayanan 1 sebesar 71,3%, lintas pelayanan 2 mencapai 37,2%, dan lintas pelayanan 3 sebesar 41,8%. 

"Pelaksanaan pembangunan LRT Jabodebek Fase I direncanakan selesai pada tahun 2019," kata Farid saat itu.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading