Instruksi Jokowi ke Buwas: Gencarkan Operasi Pasar Beras!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
27 December 2018 19:19
Instruksi Jokowi ke Buwas: Gencarkan Operasi Pasar Beras!
Jakarta, CNBC IndonesiaPresiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil sejumlah menteri Kabinet Kerja dan pejabat tinggi negara setelah mendengar kenaikan harga beras jelang akhir tahun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, hingga Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menjadi pejabat yang dipanggil Jokowi sore ini.

Usai rapat, Buwas - sapaan akrab Budi Waseso - mengaku telah mendapatkan instruksi langsung dari Jokowi untuk melakukan stabilisasi harga beras dengan menggencarkan operasi pasar. "Diharapkan mulai Januari," kata Buwas di kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (27/12/2018).


Instruksi Jokowi ke Buwas: Gencarkan Operasi Pasar Beras!Foto: Detikcom/Agung Pambudi


Ia mengungkapkan, operasi pasar yang dikebut bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan beras dalam tiga bulan ke depan. Hal itu mengingat masa panen baru akan terjadi pada April 2018.

"Januari, Februari, Maret itu diprediksi belum ada panen besar. Baru ada yang kecil-kecil. Jadi kebutuhan akan beras meningkat. Sedangkan panennya kurang," kata Buwas.

"Maka kami operasi pasar selama 3 bulan yang masif. Tadi Presiden gitu. Supaya tidak ada lonjakan harga. [...] Untuk mengantisipasi agar tidak ada kenaikan harga beras, kami mendahului," lanjutnya.
Instruksi Jokowi ke Buwas: Gencarkan Operasi Pasar Beras!Foto: CNBC

Buwas pun mengklaim, stok beras yang berada di gudang Bulog saat ini masih mencukupi, baik untuk kebutuhan melakukan stabilisasi harga maupun hal lainnya.

"Sampai hari ini 2,2 juta sekian ton. Untuk operasi pasar, sangat memadai dan kami berharap empat bulan ini bisa terserap habis. Syukur-syukur bisa 1,5 juta terserap," kata Buwas.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam kesempatan yang sama tak memungkiri, Jokowi telah meminta langsung para menteri terkait untuk menurunkan harga beras.

Menurut Darmin, dalam tiga pekan terakhir terjadi kenaikan beras, meskipun tidak besar. Darmin menyebut Jokowi tidak ingin, harga beras terus-terusan naik sehingga memberikan pengaruh pada daya beli masyarakat. "Presiden memerintahkan operasi pasar lebih besar lagi. Nanti akan saya lihat," ujarnya.




(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading