Internasional

Pemerintahan AS Terancam Tutup sampai Tahun Depan

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
26 December 2018 11:53
Pemerintahan AS Terancam Tutup sampai Tahun Depan
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Selasa (25/12/2018), mengatakan penutupan sebagian layanan pemerintahan federal atau government shutdown akan berlangsung sampai permintaan dana untuk membangun tembok di perbatasan AS-Meksiko terpenuhi.

Pemerintahan AS ditutup sebagian mulai Sabtu pekan lalu dan belum ada tanda-tanda upaya yang nyata untuk membuka kembali lembaga-lembaga yang ditutup sebagai akibat kebuntuan politik atas permintaan Trump untuk dana tembok perbatasan tersebut.



"Saya tidak bisa memberi tahu Anda kapan pemerintahan akan dibuka kembali," kata Trump setelah video conference Hari Natal dengan pasukan AS yang bertugas di luar negeri, dilansir dari Reuters.


"Saya bisa memberitahu bahwa pemerintahan tidak akan dibuka kembali sampai kita memiliki tembok, pagar, atau apa pun sebutan mereka. Saya akan menyebutnya apa pun yang mereka inginkan, tetapi semuanya tetap sama. Itu penghalang dari orang-orang yang akan berdatangan ke negara ini, dari narkoba," ujarnya.

Pemerintahan AS Terancam Tutup sampai Tahun DepanFoto: Presiden AS Donald Trump dan Wakil Presiden Mike Pence terlihat di balik pantulan pagar kamar DPR saat Trump menyampaikan pidato kenegaraannya ke sesi bersama Kongres AS di Capitol Hill di Washington, AS, 30 Januari 2018. Reuters fotografer Carlos Barria: "Pidato State of the Union adalah salah satu peristiwa politik paling penting di awal tahun. Kami biasanya memotretnya dari beberapa posisi tetap, tetapi tahun ini saya ditugaskan untuk menjadi fotografer 'berputar', yang berarti Saya bisa bergerak di balkon dan menembak dari sudut yang berbeda, tetapi hanya selama jendela waktu yang singkat.Selama salah satu jendela itu, saya menemukan permainan cahaya yang menarik dipantulkan dari pagar berwarna emas, yang, pada sudut tertentu, bisa terlihat jatuh di atas presiden. " REUTERS / Carlos Barria

Dia menambahkan, "Jika Anda tidak mendapat itu (tembok), maka kami tidak akan buka kembali."

Pendanaan untuk sekitar seperempat program federal (termasuk departemen Keamanan Dalam Negeri, Kehakiman, dan Pertanian) berakhir pada tengah malam hari Jumat. Tanpa kesepakatan untuk memecahkan kebuntuan, penutupan kemungkinan akan berlanjut hingga tahun baru.



Seorang pejabat senior mengatakan government shutdown itu akan berlangsung hingga 3 Januari mendatang.

Membangun tembok adalah salah satu janji kampanye Trump yang paling sering diucapkan, tetapi Partai Demokrat sangat menentangnya. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading