Kekayaan Freeport Rp 2400 T, Bisa Tumpuk Alphard Sampai Bulan

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
20 December 2018 11:36
Jelang akuisisi Freeport, ini potensi kekayaan tambang emas terbesar kedua di dunia. Setara dengan menumpuk Alphard hingga ke bulan.
Jakarta, CNBC Indonesia- Jelang diselesaikannya transaksi jual beli 51% saham PT Freeport Indonesia yang disebut-sebut berlangsung pekan ini, banyak yang bertanya-tanya sebenarnya berapa banyak potensi atau cadangan emas di tambang yang berada di bumi Papua ini?

PT Freeport Indonesia akan resmi kembali ke RI setelah transaksi pembayaran US$ 3,85 miliar, setara Rp 56 triliun, dibayarkan ke Freeport McMoRan sebelum akhir tahun ini.

Berdasarkan analisis tim riset CNBC Indonesia, dengan kesepakatan di atas, akhirnya Indonesia memiliki kendali atas cadangan terbukti dan terkira di lapangan PTFI yang secara kasar bernilai Rp 2.400 triliun. Terdiri dari 38,6 miliar pound tembaga, 33,8 juta ounce emas, dan 156,2 juta ounce perak.





Jika disetarakan dalam bentuk barang, kekayaan Rp 2.400 triliun ini bisa untuk membeli 2,4 juta unit mobil Alphard seharga Rp 1 miliar. Atau jika ingin yang lebih mewah, ini setara dengan membeli 240 ribu unit mobil Ferrari seharga Rp 10 miliar.

Jika panjang satu mobil Alphard adalah 4 meter, maka saat dijejerkan perlu area sepanjang 9,6 juta meter atau 9600 km. Ini sama dengan jarak dari Jakarta ke Afrika, atau bisa jadi 40 kali untuk tumpuk Alphard sampai bulan yang berjarak 384 ribu km. 

Cadangan emas yang dimiliki PTFI tersebut bahkan merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Emas yang tersimpan di perut Tambang Grasberg (tambang yang dioperasikan oleh PTFI) hanya kalah oleh cadangan emas di Muruntau.

Kekayaan Freeport Rp 2400 T, Bisa Tumpuk Alphard Sampai BulanFoto: Arie Pratama


Tambang Muruntau dimiliki oleh pemerintah Uzbekistan. Sebenarnya, sulit menentukan cadangan emas di Muruntau, akibat informasi yang beredar sangat sedikit dan dibatasi oleh pemerintah Uzbekistan. Namun, sebagian besar pihak mengestimasi bahwa cadangan emas tambang Muruntau mencapai 170 juta ounce, seperti dikutip dari The Motley Fool.

Meski data di Muruntau agak samar-samar, setidaknya Tambang Grasberg ternyata duduk di posisi kedua, masih jauh mengungguli cadangan emas dari tambang yang dimiliki oleh perusahaan tambang emas terbesar di dunia, Barrick Gold.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading