Jokowi Buka Tol Baru, Trans Jawa Bisa Dipakai Mudik Nataru!

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
18 December 2018 16:19
Presiden Joko Widodo akan meresmikan ruas tol Wilangan-Kertosono pada 20 Desember 2018.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo akan meresmikan ruas tol Wilangan-Kertosono yang merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa.

Peresmian rencananya dilakukan pada 20 Desember 2018, di mana hal ini sekaligus menandakan dapat dilaluinya 901,03 km tol Trans Jawa dari Merak hingga Pasuruan.

Adapun periode angkutan libur panjang Natal dan Tahun Baru yang ditetapkan oleh PT Jasa Marga Tbk akan dimulai pada 21 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.


"Jadi ada 12 hari. Di antara ruas Tol Trans Jawa yang sudah beroperasi, ada 5 ruas baru yang belum dikenakan tarif alias gratis," ungkapĀ Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Subakti Syukur, saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (18/12/2018).


Lima ruas yang masih bisa dilalui secara gratis yaitu:

1. Pemalang - Batang
2. Batang - Semarang
3. Salatiga (Boyolali) - Kartasura
4. Wilangan (Nganjuk) - Kertosono
5. Gempol (Pasuruan) - Probolinggo

Hanya saja, khusus untuk ruas Gempol - Probolinggo, jalur yang bisa dilalui hanya sebatas pada gerbang tol (GT) Grati saja, yang terletak di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Subakti menegaskan, pengoperasian kali ini bukan sebatas operasi secara fungsional seperti saat lebaran lalu.

"Karena ini jalan tol yang memang sudah laik operasi, sudah keluar sertifikat laik operasi. Namun pada saat Nataru memang sebagian belum bertarif, karena tol kalau mau beroperasi kan perlu masa uji coba. Nanti bertarif setelah waktu tertentu," ungkapnya.
Sementara itu, terkait tarif tol keseluruhan untuk kendaraan golongan 1, Subakti menyebut total dari Merak - Pasuruan mencapai Rp 575 ribu. Nominal itu didapat dengan catatan 5 ruas baru masih gratis.

"Kalau dari Jakarta - Pasuruan totalnya Rp 512 ribu untuk golongan 1. Ini total tarifnya pada saat ruas baru belum dikenakan bertarif," urainya.
(ray/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading