Polandia Siap Bantu RI Kembangkan Start Up

News - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
27 November 2018 20:29
Polandia Siap Bantu RI Kembangkan Start Up
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Luar Negeri Polandia Jacek Czaputowicz menghadiri pembukaan Polish Investment & Trade Agency di Gedung Badan Koordinasi Penanaman Modal, Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Dalam kesempatan itu, Czaputowicz mengatakan ada kemiripan antara Indonesia dan Polandia. Untuk itu, dia berharap kedua negara dapat meningkatkan daya saing dan saling membangun ekosistem perusahaan rintisan (start up).

"Kami memiliki pengalaman dan cara untuk mengedukasi orang-orang yang ingin membangun bisnis. Kami memiliki langkah konkret yang bisa diambil di sini," ujar Czaputowicz.


Menurut dia, Polandia memiliki pengalaman yang baik dalam mendukung perkembangan pemuda. "Kami ingin mendukung generasi muda (Indonesia) untuk membangun bisnis," kata Czaputowicz.

Ketika ditanya mengenai apakah ada rencana investasi pada perusahaan rintisan di Indonesia, dia belum dapat memerinci. Pun dengan dukungan konket kepada perusahaan rintisan. Czaputowicz hanya menyebutkan upaya itu ingin meningkatkan edukasi bagi pelaku perusahaan rintisan mengenai cara mengembangkan bisnis.



Terlepas dari hal itu, Polandia telah memperlihatkan keseriusan dalam berinvestasi di Indonesia. Salah satunya dengan mengirim lima perwakilan Polandia pada tahun ini, membuka kantor khusus, dan membangun membuka bisnis di Indonesia.

Di luar perusahaan rintisan, Czaputowicz mengatakan beberapa sektor yang dapat menjadi fokus Polandia adalah industri makanan, furnitur, infrastruktur, teknologi, dan edukasi.

Ia juga memberikan tips untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. "Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kita harus berpikir besar, meningkatkan pengaruh politik dan saling belajar tentang kultur," kata Czaputowicz.

Dubes RI untuk Polandia Peter Gontha berharap lebih banyak masyarakat Indonesia yang dapat berkunjung ke Polandia. "Banyak kesamaan dengan Jakarta karena meningkatnya ekonomi Polandia, terutama terlihat dari jalan yang padat di Warsawa seperti di Jakarta," ujarnya.

Polandia Siap Bantu RI Kembangkan Start UpFoto: Dubes RI untuk Polandia Peter Gontha (kiri) bersama Menteri Luar Negeri Polandia Jacek Czaputowicz pada acara Seremoni pembukaan kantor Polish Investment and Trade Agency pada Selasa (27/11/2018) (CNBC Indonesia/Bernhart)
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading