Dari Penerbangan sampai Energi, Relasi RI-Polandia Makin Erat

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
26 November 2018 - 15:29
Dari Penerbangan sampai Energi, Relasi RI-Polandia Makin Erat
Jakarta, CNBC Indonesia - Polandia dan Indonesia telah berkomitmen untuk mempererat hubungan ekonomi kedua negara, kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat menerima kunjungan Menteri Luar NegeriĀ Polandia Jacek Czaputowicz di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2018).

"Polandia adalah partner yang penting bagi Indonesia dan Eropa tengah... Itulah kenapa selama pertemuan kami pagi tadi Menlu Czaputowicz dan saya memfokuskan pembahasan tentang bagaimana cara memperkuat kerja sama ekonomi kita," katanya setelah pertemuan.



Retno juga menjelaskan saat ini nilai perdagangan kedua negara terus tumbuh, di mana pada Januari hingga Agustus 2018 telah tumbuh 24,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.


Sementara itu, volume investasi di Indonesia mencapai hampir 20 juta pada tahun 2017 dibandingkan 1,6 juta di tahun sebelumnya.

"Jumlah itu meningkat lebih dari 10 kali lipat," katanya.

Dari Penerbangan sampai Energi, Relasi RI-Polandia Makin EratFoto: Menlu Republik Polandia H.E. Mr. Jacek Czaputowicz bersama Menlu RI Retno Marsudi (CNBC Indonesia/Rehia Sebayang)
Di bidang pariwisata, kedua negara tengah berupaya merealisasikan penerbangan langsung dari Warsawa ke Denpasar, Bali, untuk meningkatkan sektor pariwisata Indonesia.

"Jumlah turis Polandia ke Indonesia tumbuh dua kali lipat dalam tiga tahun dan mencapai lebih dari 300.000 pengunjung di tahun 2017. Tentunya ini angka yang bagus tapi masih ada banyak kesempatan untuk tumbuh. Kita perlu bekerja lebih keras untuk menumbuhkannya, terutama di iklim ekonomi global sekarang ini," jelasnya.

Terakhir, Retno mengatakan ia dan Czaputowicz sangat mengantisipasi beberapa upaya yang tengah dilakukan untuk mengintensifkan kerja sama ekonomi kedua negara.



Beberapa di antaranya adalah investasi dari beberapa kelompok bisnis Polandia di proyek energi di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2018 untuk membangun power plant berkapasitas 100 megawatt dan peresmian agen perdagangan dan investasi Polandia di Jakarta, yang akan diresmikan besok oleh Czaputowicz.

Sebagai informasi, kunjungan Menlu Czaputowicz ini merupakan yang pertama dalam 21 tahun, di mana kunjungan resmi menteri luar negeri Polandia terakhir dilakukan pada tahun 1997. Indonesia juga merupakan negara pertama yang dikunjungi Czaputowicz dalam kunjungannya ke negara-negara Asia.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading