Bali-Warsawa Terkoneksi Penerbangan Langsung

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
25 June 2018 17:08
Bali-Warsawa Terkoneksi Penerbangan Langsung
Jakarta, CNBC Indonesia - Denpasar (Bali) kini terkoneksi langsung dengan Warsawa (Polandia).

Hal itu menyusul dioperasikannya penerbangan langsung atau direct flight perdana antara dua kota tersebut.

Penerbangan berupa charter flight yang dioperasikan oleh LOT Polish Airlines itu berangkat dari Warsawa dengan 252 penumpang pada 23 Juni 2018 dan tiba di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, pada 25 Juni 2018.


Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir, Dubes RI Untuk Polandia Peter F. Gontha dan Dubes Polandia untuk RI Beata Stoczynska menyambut kedatangan para penumpang di bandara.

Adapun sepanjang tahun ini, direncanakan ada 9 kloter penerbangan langsung charter flight Warsawa-Denpasar-Warsawa dimana jumlah penumpang maksimal per kloter adalah 252 orang penumpang dengan masa tinggal di Indonesia sekitar 2 minggu.

"Program kerja sama wisatawan Polandia ke Indonesia menunjukkan potensi pasar yang harus digarap dengan serius dan dapat dijadikan model rujukan untuk program kerja sama serupa diterapkan dengan negara lain," kata Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir dalam keterangan persnya, Senin (25/6/2018).

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Polandia Peter F. Gontha mengatakan Bali memang masih menjadi daya tarik bagi turis Polandia, tapi mereka juga tertarik menjajaki tempat di daerah lain.

Pertumbuhan wisman asal Polandia dinilai akan semakin meningkat menyusul adanya bebas visa bagi warga negaranya untuk berkunjung ke Indonesia. Fasilitas bebas visa ini diberikan paling lama 30 hari menurut Peraturan Presiden RI Nomor 21 Tahun 2016 tentang Bebas Visa Kunjungan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan realisasi kunjungan wisatawan mancanegara sepanjang tahun 2017 mencapai 14,04 juta, atau meleset dari target yang ditetapkan sebesar 15 juta.

Namun realisasi itu tumbuh 21,88% dibandingkan dengan 2016 yang mencatat kedatangan 11,52 juta wisman.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading