Arab Saudi dan OPEC Wacanakan Pemangkasan Produksi Minyak?

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
11 November 2018 17:40
Arab Saudi dan OPEC Wacanakan Pemangkasan Produksi Minyak?
Riyadh, CNBC Indonesia - Arab Saudi disebut tengah membahas pengurangan produksi minyak sebanyak satu juta barel per hari bersama dengan OPEC dan negara sekutunya. Hal itu disampaikan oleh dua sumber Reuters yang mengetahui diskusi itu pada Ahad (11/11/2018).

"Ada diskusi tentang ini. Tapi pertanyaannya, berapa banyak yang dibutuhkan untuk mengurangi supply di pasar," kata sumber tersebut. Pembicaraan itu belum selesai karena masih menunggu realisasi pengurangan ekspor minyak Iran.




Sebelumnya, ketika ditanya mengenai keseimbangan pasar, Menteri Energi Saudi Khalid Al-Falih menjawab normatif. "Kami akan mencari tahu. Kami ada pertemuan nanti," ujarnya dilansir Reuters.

Bulan lalu dia sempat menyebutkan mungkin ada kemungkinan untuk melakukan intervensi demi mengurang stok minyak setelah jumlahnya meningkat beberapa bulan terakhir.



Sementara, Amerika Serikat (AS) pada bulan ini menerapkan sanksi untuk membatasi ekspor minyak Iran sebagai bagian dari upaya untuk mengekang ptogram nuklir dan rudal Iran serta dukungannya untuk pasukan di Yaman, Suriah, Lebanon dan wilayah lain di Timur Tengah.

Adapun harga minyak light sweet yang menjadi acuan di AS sudah melemah 10 hari berturut-turut. Itu merupakan reli pelemahan harian terpanjang sejak 1984.

Harga light sweet bahkan sudah menyentuh level terendahnya dalam 8 bulan terakhir, atau sejak awal Maret 2018. Sementara, harga brent yang menjadi acuan di Eropa juga kini sudah berada di level terburuknya sejak awal April 2018, atau dalam 7 bulan terakhir.



(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading