Iran Temukan Cadangan Minyak 53 Miliar Barel, Saudi Tergeser?

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
11 November 2019 13:06
Iran Temukan Cadangan Minyak 53 Miliar Barel, Saudi Tergeser? Foto: Iran (REUTERS/Raheb Homavandi)
Jakarta, CNBC Indonesia- Iran menemukan cadangan minyak raksasa baru, diperkirakan mencapai 53 miliar barel. Dengan cadangan baru ini, posisinya sebagai negara penghasil minyak makin terdongkrak. Bisakah menggeser Arab?

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan lapangan minyak tersebut membentang hampir 200 kilometer sampai ke wilayah perbatasan Irak, Omidiyeh. Sumur minyak tersebut memiliki kedalaman 80 meter.

"Ini adalah hadiah kecil pemerintah untuk rakyat Iran," katanya sebagaimana dilansir dari AFP. Sebelumnya, ekonomi negeri kaya minyak ini, babak belur karena sanksi ekonomi dari Amerika Serikat (AS).


Dengan temuannya ini, Iran bahkan mulai sesumbar sebagai negara kaya untuk memanasi Amerika Serikat. "Dan meskipun kami dihajar dengan sanksi kejam mereka, industri minyak Iran dan para insinyur bisa temukan cadangan minyak raksasa ini," lanjutnya.



Temuan tersebut bakal menambah 34% cadangan minyak terbukti dari negara anggota OPEC ini, berdasar data terakhir BP cadangan minyak negeri ini mencapai 155,6 miliar barel. Dengan cadangan terakhir itu, Iran duduk di kursi terbesar ke-4 pemilik cadangan minyak terbesar di dunia.

Sementara, dengan cadangan barunya, Iran diproyeksi bisa naik ke posisi 3 besar negara dengan cadangan minyak raksasa. Makin tipis selisihnya dengan Arab Saudi.

Awal tahun lalu, Arab Saudi baru saja mengumumkan cadangan minyak mereka. Laporan terbaru menyebut negara ini memiliki cadangan minyak hingga 268,5 miliar.

Laporan ini disusun lembaga independen yang ditunjuk oleh kerajaan, yakni firma konsultan petrolium DeGolyer and MacNaughton. Laporan menulis cadangan ini naik 2,2 miliar barel dibanding tahun lalu. Angka ini sekaligus membantah kekhawatiran berbagai pihak akan lesunya kejayaan migas Arab Saudi.



[Gambas:Video CNBC]

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading