Internasional

Bulan Depan, Aturan Investasi Anti-China Milik Trump Berlaku

News - Roy Franedya, CNBC Indonesia
11 October 2018 07:41
Bulan Depan, Aturan Investasi Anti-China Milik Trump Berlaku
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan memperketat aturan investasi asing di industri sensitif seperti teknologi dan telekomunikasi bulan depan. Hal ini dinyatakan Kementerian Keuangan AS, Rabu (10/10/2018).

Komite Investasi Asing di Amerika Serikat (CFIUS) akan meninjau setiap aksi korporasi merger dan pembelian saham oleh investro asing untuk memastikan mereka tidak membahayakan keamanan nasional. Kebijakan ini diperkuat oleh Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional yang ditandatangani Agustus lalu.

Ada 27 industri sensitif yang akan dipantau ketat di antaranya telekomunikasi dan semikonduktor serta manufaktur pesawat terbang termasuk mesin dan bagian-bagian mesin, produksi aluminium, perangkat penyimpanan komputer, peluru kendali dan peralatan militer lainnya.


Investasi di sektor-sektor ini harus dilaporkan kepada komite jika peran investor asing akan memungkinkan akses ke informasi non-publik atau memberikan kekuasaan untuk mencalonkan anggota dewan atau membuat keputusan penting lainnya, kata departemen itu.

CFIUS akan memiliki opsi untuk menyetujui kesepakatan dalam 30 hari atau membuka penyelidikan yang lebih lengkap, kata departemen itu.

"Peraturan sementara ini membahas risiko spesifik terhadap teknologi penting AS saat menginformasikan perkembangan peraturan akhir," kata Menteri Keuangan Steven Mnuchin dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Reuters.

Program uji coba dijadwalkan akan dimulai pada 10 November dan berjalan selama lebih dari setahun sementara aturan formal dan permanen sedang ditulis, kata seorang pejabat senior pemerintah.

Bagian lain dari undang-undang, seperti aturan yang memungkinkan CFIUS untuk menghentikan pembelian asing atas tanah dekat instalasi militer atau pelabuhan, akan ditangani kemudian, kata seorang pejabat pada hari Selasa.

Aturan pembatasan ini ingin mengincar perusahaan investasi China. AS menuding perusahaan ini melanggar hak kekayaan intelektual dan pencurian teknologi AS.

CFIUS telah mengambil sikap keras terhadap investasi asing China atau lainnya di industri sensitif mulai dari semikonduktor kelas atas hingga real estat.

Pada bulan Agustus, misalnya, ia memerintahkan konglomerat Cina HNA Group Co Ltd untuk menjual saham mayoritasnya di gedung Manhattan yang penyewanya termasuk polisi yang bertugas melindungi Menara Trump.

Pada bulan Maret, Presiden Donald Trump memblokir transaksi akuisisi pembuat chip kelas atas Qualcomm oleh Broadcom, yang berbasis di Singapura, mengutip kekhawatiran panel atas hilangnya dominasi AS dalam teknologi nirkabel generasi terbaru. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading