Tokoh dan Selebritis Dunia Turut Berduka Atas Gempa Palu

News - Wanti Puspa, CNBC Indonesia
30 September 2018 17:40
Tokoh dan Selebritis Dunia Turut Berduka Atas Gempa Palu
Jakarta, CNBC Indonesia - Gempa 7,4 skala richter yang mengguncang Kabupaten Donggala di Palu, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9/2018) menorehkan duka mendalam.

Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) menyatakan korban meninggal dunia akibat gempat di Donggala, Palu, Sulawesi Tengah, mencapai 832 orang.

Bukan hanya duka bagi Indonesia, tapi bencana ini juga dirasakan oleh tokoh di negara lain. Sejumlah pejabat negara pun turut berduka atas bencana yang terjadi.


Lewat akun twitternya, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde menyampaikan bela sungkawa terutama kepada Mmasyarakat Sulawesi yang menjadi korban yang terkena dampak berat gempa dan tsunami yang terjadi.

Lagarde juga menyatakan kesiapan IMF untuk terus mendukung rakyat Indonesia.

"I wish to extend my deepest sympathies to the people of Sulawesi island which has been hit so hard by a terrible earthquake and tsunami. My thoughts are especially with those who have lost family and friends. The IMF stands with the Indonesian people."

Foto: dok.twitter Bos IMF Christine Lagarde (@Lagarde)


Cuitan yang diunggah pada Sabtu (29/09/2018) pukul 21:58 WIB itu di-retweet puluhan kali oleh warga net.

Sementara itu, ucapan bela sungkawa juga disampaikan oleh President Wolrd Bank ke-12, Jim Yong Kim.

Melalui akun twitternya, ia turut merasakan kehilangan yang masyarakat Sulawesi rasakan. Kim juga mengatakan jika siap membantu korban gempa dan tsunami Sulawesi Tengah.

"My heart goes out to the people of Sulawesi, Indonesia, affected by Friday's powerful earthquake and tsunami. Our thoughts are with those who lost loved ones. We stand ready to help."

Foto: dok.twitter (@JimYongKim)

Cuitan yang diunggah pada Sabtu (29/9/2018, pukul 11:49 WIB itu di retweet puluhan kali oleh warganet termasuk oleh Mantan Menteri Lingkungan Chili, Marcelo Mena dan Wold Bank.

Sekjen PBB, Antonio Guterres merasa sedih dengan jumlah korban gempa dan tsunami yang mencapai ratusan. Ia pun turut menyampaikan belasungkawa khususnya kepada korban dan Pemerintah Indonesia.

Gutters menambahkan, PBB siap untuk mendukung penyelamatan dan bantuan yang dipimpin oleh Pemerintah Indonesia seperti dikutip CNBC Indonesia dari situs PBB, Sabtu(29/9/2018).

Foto: dok. web PBB (the United Nations)

Dari Taiwan, ucapan belasungkawa disampaikan oleh sang Presiden, Tsai Ing-wen melalui akun twitternya. Ia mengaku prihatin atas jatuhnya korban jiwa dan kerusakan yang timbul karena gempa dan Tsunami di Palu.

Taiwan, lanjutnya siap membantu usaha penyelamatan dan pemulihan akibat bencana yang terjadi.

Foto: dok. Akun Twitter Tsai Ing-wen

Cuitan yang diunggah pada Jum'at (28/09/2018) pukul 23:30 WIB itu di-retweet ratusan kali oleh warga net.

Tidak hanya petinggi negara, ucapan belasungkawa juga disampaikan publik figur seperti Siwon Choi, personil Super Junior dan Maher Zein.

Siwon menyampaikan belasungkawa melalui akun twitternya. Ia merasa sangat sedih atas gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi, Indonesia dan menyebabkan korban jiwa.

Ia pun berharap, semoga semua yang terkena dampak bencana ini segera pulih. Di akhir cuitan ia menyisipkan hastag prayforindonesia

"I want to express my deepest condolence to significant deaths and victims of recent earthquake and tsunami that hit the northern part of Sulawesi Island, Indonesia. Hope the nations to recover as soon as possible and my heart will be with them. #prayforindonesia"

Foto: dok.twitter Siwon SuJu (@siwonchoi)


Cuitan yang diunggah pada Sabtu (29/09/2018) pukul 03:08 WIB itu di-retweet 13 ribu kali oleh warganet.

Sementara penyanyi religi asal Swedia, Maher Zein juga turut meluapkan rasa belasungkawa melalui unggahan di akun instagramnya.

Dalam foto yang ia unggah, tampak #sulawesi #indonesia dengan icon berdoa juga smiley sedih dengan background hitam. Ia pun hanya memberikan caption icon patahan hati.

Foto: dok.instagram Maher Zein (@mahaerzeinofficial)


Unggahannya satu hari lalu, telah disukai oleh 65.580 akun instagram. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading