Di AS, Menteri Susi Pamer Sudah Tenggelamkan 488 Kapal Ilegal

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
29 September 2018 14:50
Di AS, Menteri Susi Pamer Sudah Tenggelamkan 488 Kapal Ilegal
NEW YORK, CNBC Indonesia - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan kuliah umum di School of International and Public Affairs (SIPA), Columbia University, Rabu (26/9) waktu Amerika Serikat (AS).

Dalam kesempatan itu, Menteri Susi pengetahuan pengelolaan ekonomi kelautan berkelanjutan (sustainable ocean economy) di hadapan 140 mahasiswa yang umumnya berasal dari Indonesia.

Salah satu materi penjelasannya berkaitan dengan sikap tegas Pemerintah Indonesia yang tidak akan pernah kompromi dengan para pencuri di lautan Tanah Air.


"Jadi, kalau selama ini saya terkenal dengan kata 'tenggelamkan', itu bukan ide saya saja. Itu sudah diamanatkan dalam Undang-undang untuk menimbulkan efek jera bagi para pelaku illegal fishing," katanya.

"Ini adalah upaya menjaga kedaulatan laut kita untuk dikelola secara baik bagi kemaslahatan bangsa," lanjut Menteri Susi.

Dalam empat tahun terakhir, Menteri Susi menyebut telah menenggelamkan 488 kapal illegal fishing yang berasal dari berbagai negara. Mulai dari Vietnam, Filipina, Thailand, Malaysia, Indonesia, Papua Nugini, Tiongkok, Belize, hingga kapal tak berkebangsaan.

"Manfaatnya pun langsung terasa. Stok ikan lestari (Maximum Sustainable Yield/MSY) Indonesia yang pada 2013 lalu hanya 7,31 juta ton per tahun meningkat menjadi 12,54 juta ton per tahun 2017 ini," ujarnya.

Selain itu, menurut Menteri Susi, karena ikan di laut sudah kembali banyak, pemerintah juga mendorong peningkatan konsumsi ikan per kapita per tahun masyarakat Indonesia.

"Jangan sampai di negara lumbung ikan ini, anak-anaknya malah tumbuh kuntet karena kekurangan gizi," katanya.

Lebih lanjut, Menteri Susi percaya, laut adalah anugerah Tuhan yang perlu dijaga. Oleh karena itu, kepada mahasiswa yang hadir Menteri Susi berpesan untuk menjaga kesehatan dan kelestarian sumber daya kehidupan laut.

Penegakan dan perlindungan hak laut harus dijamin melalui pengembangan pengelolaan laut berkelanjutan dengan mendorong partisipasi aktif masyarakat.
Di AS, Menteri Susi Pamer Sudah Tenggelamkan 488 Kapal IlegalFoto: Infografis/Bu Susi Tenggelamkan Ratusan Kapal/Arie Pratama
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading