Lion Air Konsumen Terbesar Pesawat Boeing di Dunia

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
27 September 2018 15:22
Lion Air Konsumen Terbesar Pesawat Boeing di Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengungkapkanĀ Lion Air adalah pembeli terbanyak pesawat dari Boeing Company asal Seattle, Amerika Serikat (AS).

Hal itu memperkuat posisi Indonesia dalam hubungan dagang dengan Negeri Paman Sam. Misalnya, produk baja nasional mendapat pengecualian dari AS soal tarif impor 20%.

"Lion Air, Indonesia yang paling banyak mencatatkan pembelian Boeing di dunia. Dengan banyaknya penduduk, Indonesia masih butuh pesawat Boeing dan kalian [AS] perlu baja," katanya hari ini, Kamis (27/9/2018).



Seperti diketahui, baru-baru ini tepatnya pada April 2018, Lion Air telah merealisasikan pembelian 50 unit pesawat Boeing 737 Max 10 senilai US$ 6,24 miliar atau setara Rp 84,24 triliun.

Sebelumya, Boeing juga menjadi konsumen dari 71 unit pesawat Boeing 737-900 Extended Range dan 32 unit Boeing 737-800 Next Generation, serta 1 unit pesawat jumbo Boeing 747-400.

Lion Air Pembeli Boeing Terbanyak di DuniaFoto: Ilustrasi Boeing (REUTERS/Jason Redmond)


Adapun, lanjut Mendag, Indonesia sebetulnya juga banyak mengimpor produk dari AS tanpa mengenakan banyak tarif.

"AS adalah mitra dagang terbesar kedua. Kapas adalah produk yang paling banyak diimpor Indonesia, sebelum dikirim kembali [berupa tekstil] ke AS. Begitu pula baja dan aluminium, yang banyak digunakan industri pesawat AS," kata Enggar.

Saat ini total perdagangan antara Indonesia-AS dinilai Enggar masih cukup rendah yakni US$ 28 miliar. Kedua negara telah sepakat untuk meningkatkan nilai perdagangan.



(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading