Aturan Terbit Oktober, Harga Rokok Siap Naik 2019

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 September 2018 16:37
Aturan Terbit Oktober, Harga Rokok Siap Naik 2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akan kembali mengerek kenaikan tarif cukai hasil tembakau pada 2019 mendatang. Paling cepat, aturan ini akan diterbitkan pada Oktober 2018.

Hal tersebut dikemukakan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi di sela-sela konferensi pers di Aula Mezzanine, kompleks Kementerian Keuangan, Kamis (20/9/2018).

"Cukai rokok PMK [Peraturan Menteri Keuangan] Oktober. Lebih cepat, tidak sampai November," kata Heru.
Aturan Terbit Oktober, Harga Rokok Siap Naik 2019Foto: Heru Pambudi (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Sebagai informasi, Pada tahun ini, tarif cukai hasil tembakau rata-rata sebesar 10,04%, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 146/PMK.010/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau.


Sementara untuk tahun depan, DJBC mengaku masih melakukan pembicaraan internal, sekaligus membahas bersama pemangku kepentingan terkait lainnya untuk merumuskan kebijakan tersebut.





Adapun kenaikan cukai rokok, mengacu pada empat aspek utama yaitu pengendalian konsumsi, optimalisasi penerimaan negara, aspek tenaga kerja dan industri, serta menekan angka peredaran rokok ilegal.

"Besaran tarif akan memperhatikan semua aspek yang merangkum concern. Kita harus ambil satu titik yang optimal," tegasnya.




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading