Update Polling CNBC Indonesia

Konsensus Pasar: Neraca Perdagangan Agustus Minus US$645 Juta

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
14 September 2018 15:25
  • Menambah proyeksi dari satu instansi (Bank Permata)
Jakarta, CNBC Indonesia - Neraca perdagangan Indonesia pada Agustus 2018 diperkirakan kembali mencatat defisit. Namun setidaknya defisit perdagangan lebih dangkal ketimbang bulan sebelumnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) diagendakan merilis data perdagangan internasional pada awal pekan depan. Konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekspor pada Agustus adalah 10,1% year-on-year (YoY), sedangkan impor tumbuh 25% YoY. Ini menyebabkan neraca perdagangan mengalami defisit US$ 645 juta. 

Walau defisit, tetapi setidaknya masih ada sedikit kabar baik. Perkiraan defisit perdagangan Agustus jauh lebih dangkal ketimbang Juli yang mencapai US$ 2,03 miliar. Kala itu, ekspor tumbuh 19,33% YoY sementara impor melonjak 31,56% YoY. 

Josua Pardede, Ekonom Bank Permata, memperkirakan kinerja ekspor Indonesia pada Agustus melambat dibandingkan Juli. Penyebabnya adalah penurunan harga komoditas andalan ekspor Indonesia.


Sepanjang Agustus, harga minyak sawit mentah (CPO) turun 16% YoY dibandingkan bulan sebelumnya. Harga batu bara juga melambat, dari naik 26% YoY pada Juli menjadi tumbuh 24% YoY pada Agustus.

"Di sisi lain, laju impor diperkirakan tetap tinggi. Laju impor Indonesia dipengaruhi oleh pemintaan domestik dan dikonfirmasi oleh indeks aktivitas manufaktur domestik yang meningkat juga sepanjang Agusutus. Impor diperkirakan masih akan didominasi oleh impor bahan baku dan barang modal," jelas Josua.


Moody's Analytics dalam risetnya menyebutkan neraca perdagangan Indonesia masih defisit karena beban dari pelemahan rupiah dan kenaikan harga minyak. Sepanjang Agustus, rupiah terdepresiasi 2,01% terhadap dolar Amerika Serikat (AS).



Sedangkan harga minyak jenis brent dalam periode yang sama melesat 6,95%. Kombinasi depresiasi rupiah dan lonjakan harga minyak berpotensi membuat impor migas membengkak, sehingga neraca migas sulit berbalik surplus. 



 
(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading