Terima Morrison, Jokowi: Australia adalah Mitra Strategis RI

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
31 August 2018 16:04
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison di Istana Bogor hari Jumat (31/8/2018).
Bogor, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison di Istana Bogor hari Jumat (31/8/2018).

Kunjungan tersebut adalah kunjungan luar negeri pertama Morrison yang baru saja terpilih sebagai perdana menteri beberapa hari lalu.

"Tentu saja ini menunjukkan komitmen yang kuat untuk meningkatkan hubungan kerja sama Indonesia dan Australia. Sekali lagi saya ingin mengucapkan selamat kepada Yang Mulia [Morrison] karena terpilih sebagai Ketua Partai Liberal dan PM Australia ke-30," kata Jokowi setelah melakukan pertemuan tertutup dengan Morrison.


"Sekali lagi, Australia adalah mitra strategis penting bagi Indonesia. Saya yakin kunjungan ini sangat bermanfaat bagi penguatan hubungan antara Indonesia dan Australia," tambahnya.

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Perdana Menteri Australia Scott MorrisonFoto: Kunjungan Resmi Perdana Menteri Australia the Hon. Mr. Scott Morrison MP (ist)
Presiden Jokowi Terima Kunjungan Perdana Menteri Australia Scott Morrison
Hubungan Indonesia dan Australia mengalami pasang surut dalam beberapa tahun terakhir. Kedua negara sempat bersitegang setelah pengadilan Indonesia menghukum sembilan warga negara Australia yang dikenal dengan Bali Nine terkait kasus narkotika.


Pendahulu Morrison, Malcolm Turnbull mencoba memperbaiki hubungan kedua negara dengan diplomasi batiknya.

Morrison tampaknya ingin terus menjaga hubungan baik itu dengan mengatakan, sambil berkelakar, bahwa kunjungannya ini akan menjadi standar protokol baru bagi perdana menteri selanjutnya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang kali pertama dikunjungi setelah menjabat. Pernyataannya itu disambut tawa para hadirin.

"Kunjungan ini sangat penting karena hubungan kami didasarkan pada banyak hal di masa lalu," kata Morrison. "Ini tentang menjaga perekonomian kita tetap kuat sehingga masyarakat kita mendapatkan kemakmuran, ... pelayanan yang mereka butuhkan untuk kesejahteraannya."

Setelah memberikan keterangan singkat itu, kedua pemimpin menanam pohon bersama di halaman Istana Bogor dan akan dilanjutkan dengan konferensi pers bersama.

Morrison diperkirakan akan mengumumkan hasil perundingan perjanjian dagang IA-CEPA yang telah lama tertunda.
(prm/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading