Menteri Rini Ajak BUMN-Swasta Berpartner, Ini Skemanya

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
18 August 2018 17:14
Rini Soemarno menyatakan siap untuk mengumpulkan dana demi memenuhi anggaran pembangunan infrastruktur Indonesia di tahun 2019.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan siap untuk mengumpulkan dana demi memenuhi anggaran pembangunan infrastruktur Indonesia di tahun 2019.

"Siap! Karena kan ada yang mempertanyakan mampu nggak sih karena kita sedang mempersiapkan beberapa jalur jalan tol yang sudah kita bangun dan bebrapa sudah selesai dan ditawarkan kepada investor," Kata Rini, Sabtu (18/8/2018).

Saat ditemui di kawasan Petojo Selatan, Jakarta Pusat, Rini mengatakan akan menggalang dana pembangunan dengan cara menawarkan proyek kepada investor. Namun dia menambahkan penawaran tersebut bukanlah dengan menjual proyek, melainkan bekerja sama dengan maksimum bagian yang ditawarkan adalah 49% sehingga kontrol tetap dipegang negara.

"Itu kita jual? Nggak. Caranya kita mau dia berpartner sama kita. Kalau sekarang kita memiliki 100%, kita tawarkan kepada investor kira-kira 45-49%, jadi kontrol ada di kita. Jadi tujuannya untuk tambah-tambahan pembangunan yang baru." Jelasnya.

Rini menjelaskan alasan kenaikan anggaran adalah karena banyaknya pembangunan jalan nasional dan jembatan, di antaranya untuk pembangunan jalan tol Padang-Sicincin, peninjauan rencana pembangunan tol Aceh-Medan, dan pembangunan jalan tol Pekan Baru-Dumai. Selain itu ada juga proyek pengembangan pelabuhan lama dan pembangunan pelabuhan baru, serta pembangunan bandara.

"Pada akhir 2019 akan total (jalan) selesai 1.200 Km lebih. Itu yang harus selesai karena sekarang yang terselesaikan baru 400-450 Km, jadi pengeluaran akan cukup besar," kata Rini.



(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading