Wah, Kemenkeu Buka Lowongan untuk 4000 Alumni STAN Tahun Ini

News - Lidya Kembaren, CNBC Indonesia
17 August 2018 14:31
Kementerian Keuangan sediakan 4000 lowongan pns untuk lulusan STAN
Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintah kembali berencana membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018. Rencana pembukaan lowongan tersebut saat ini sedang disusun oleh tim.

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto mengatakan, tahun ini pembukaan lowongan CPNS tetap ada dan akan diumumkan dalam waktu dekat. Dia menyebutkan jumlah atau kuota yang akan dibuka sudah ada dari Kemenkeu. Untuk tahun ini, kuota terbanyak akan diambil dari Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN).




"Ada 597 orang untuk umum terdiri dari S1 dan D3, dari STAN sekitar 4.000 lebih formasi untuk 2018," ujarnya di Lingkungan Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (17/8/2018).

Untuk formasi yang akan dibuka, Kemenkeu masih menunggu dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang saat ini sedang menyusun. Setelah itu, maka akan diumumkan formasi dan kapan mulai tesnya yang akan dilakukan seperti biasanya.

"Nah tetapi kan testnya belum untuk umum itu karena kita masih tunggu dari Kemenpan RB formasinya, baru diumumkan, ada tes dan seterusnya, proses CPNS seperti biasa. Tesnya melalui computer assisted test (CAT). Jadi sangat transparan dan akuntable," kata dia.

Selain itu, ia menekankan bahwa tahun ini akan tetap ada pembukaan CPNS dan memang agak mundur karena di Kemenpan RB masih menghitung formasi apa saja yang dibutuhkan. Agak lama karena tidak hanya melihat yang di pusat tetapi juga di daerah.

"Ya mungkin di Kemenpan RB konsolidasi untuk memastikan angka total, kan harus menghitung nasional tidak hanya K/L. Tapi Pemda berapa, K/L berapa, pensiun berapa, tenaga yang dibutuhkan yang sama, jadi agak sofasticated untuk memastikan formasi diisi oleh betul-betul sesuai kebutuhan."


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading