Rugi Jika Tak Tukarkan Kartu Visa dan Master Anda ke GPN

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
29 July 2018 19:02
Bank Indonesia (BI) dan perbankan telah meluncurkan gerbang pembayaran nasional (GPN) sejak akhir tahun lalu.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) dan perbankan telah meluncurkan gerbang pembayaran nasional (GPN) sejak akhir tahun lalu. Menindaklanjuti hal tersebut kampanye pun dilakukan serentak di 17 titik seluruh nusantara mulai hari ini.

Setelah itu, penukaran secara resmi akan dilakukan dari 30 Juli - 3 Agustus 2018 di seluruh bank nasional yang terdaftar. Untuk itu, BI terus menghimbau agar para nasabah segera menukarkan kartu debet atau ATM nya ke kartu GPN karena menguntungkan.

Pasalnya jumlah nasabah yang menggunakan GPN belum ada kenaikan secara signifikan karena memang tidak ada keharusan untuk menukar kartu debet atau ATM nya. Sanksi juga tidak ada.


Meski demikian banyak keuntungan yang didapatkan jika menggunakan GPN. Mulai dari biaya yang lebih murah hingga lebih efisien. Jadi rugi untuk tidak menukarkan kartu debet ke kartu GPN.

"Sanksi enggak ada. Kerugian, karena biaya nya lebih mahal. Kalau pakai non GPN, direct impact ke toko penjual barang dan jasa, lalu ke penerbitnya, baru terakhir ke nasabah pemilik kartu," ungkap Deputi Direktur Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional BI Aloysius Donanto di Jakarta, Minggu (29/7/2018).

Untuk fee sendri menggunakan GPN lebih murah. "MDR (merchant discount rate) turun dari 3% ke 1%. Dihitung dari nilai transaksi, sebagai beban yang ditanggung oleh merchant," sebutnya.

Sementara itu, meski menguntungkan dan memudahkan, namun kartu GPN saat ini belum bisa digunakan di luar negeri. Tapi bank sentral menilai hal itu bukan masalah signifikan. Oleh karenanya, yang disarankan untuk ditukarkan adalah kartu debet sehingga saat ke luar negeri sebaiknnya menggunakan kartu kredit.

"Nanti kartunya GPN lambangnya Garuda dan dipakai di dalam negeri. Kalau ke luar negeri baru pakai kartu yang lain. Sebagaian org Indonesia ada di dalam negeri, jarang sekali ke luar negeri. Jadi bisa pakai GPN," kata Deputi Gubernur Senior Mirza Adityaswara.



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading