Ini Syarat Penukaran Kartu ATM Visa dan Master ke GPN

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
29 July 2018 16:12
Bank Indonesia (BI) dan perbankan akan segera memulai pekan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) dan perbankan akan segera memulai pekan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Acara ini akan diselenggarakan serentak di 17 titik seluruh nusantara.

Deputi Direktur Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional BI Aloysius Donanto mengatakan, kegiatan penukaran kartu debet atau master card ke logo GPN akan berlangsung pada 30 Juli-3 Agustus 2018.

Melalui kegiatan ini, masyarakat memperoleh kesempatan untuk menukarkan kartunya dan bisa dilakukan di semua bank nasional baik BUMN maupun swasta.


Selain itu, dia menyebutkan, syarat untuk penukaran kartu ini sangat mudah. Hanya perlu membawa tanda pengenal asli dan tentunya kartu yang akan ditukarkan.

"Syarat penukaran sederhana kok, cukup bawa kartu identitas dan kartu atm/debet lama sama buku tabungan buat jaga-jaga," ujarnya di Jakarta, Minggu (19/7/2018).

Sementara itu, secara nasional sudah ada sebanyak 1 juta nasabah yang telah menukarkan kartunya ke GPN sejak diluncurkan pada Desember 2017.

Jumlah ini belum signifikan karena memang tidak ada paksaan untuk harus menukar kartu debet atau ATM-nya. Sanksi juga tidak ada sehingga BI terus meyakinkan nasabah jika menggunakan GPN sangat efisien.

Meski menguntungkan dan memudahkan, saat ini ada beberapa hal yang tidak didapatkan jika menggunakan kartu GPN. Karena sebagai hanya bisa dipakai di nasional maka kartu GPN tidak bisa dipakai di luar negeri. Oleh karenanya, yang disarankan untuk ditukarkan adalah kartu debet sehingga saat ke luar negeri sebaiknnya menggunakan kartu kredit.

"Nanti kartunya GPN lambangnya garuda dan dipakai di dalam negeri. Kalau ke luar negeri baru pakai kartu yang lain. Sebagaian org Indonesia ada di dalam negeri, jarang sekali ke luar negeri. Jadi bisa pakai GPN," kata Deputi Gubernur Senior Mirza Adityaswara.



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading