BI Bicara Keuntungan Kartu GPN Ketimbang Visa dan Master

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
29 July 2018 11:21
Ada efisiensi sistem pembayaran nasional sehingga bank-bank semua terhubung ke GPN.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) dan perbankan resmi melakukan kampanye pekan GPN pada pada hari ini, Minggu (29/7/2018). Setelah ini, akan dilanjutkan dengan kegiatan penukaran kartu pada 30 Juli-3 Agustus 2018.

Deputi Gubernur Senior Mirza Adityaswara mengatakan, penting untuk melakukan kampanye ini agar masyarakat tahu dan paham. Ini juga tindak lanjut sejak diluncurkannya kartu berlogo GPN sejak Desember 2017.

"Jadi ini kick off GPN dan nanti akan dilanjutkan di beberapa kota lain di seluruh Indonesia, supaya masyarakat semakin paham (GPN)," ungkap Mirza di Komplek BI, Jakarta, Minggu (29/7/2018).


Selain itu, Mirza menghimbau agar masyarakat segera menukarkan kartu debet lamanya. Pasalnya ada dua manfaat menguntungkan yang bisa didapatkan dari penggunaan kartu belogo GPN.


"Ada dua manfaat gunakan kartu berlambang Garuda ini. Efisiensi dan ketahanan dari sistem pembayaran nasional," kata Mirza.

Pertama, efisiensi sistem pembayaran nasional sehingga bank-bank semua terhubung ke GPN, sehingga nanti kalau mau menggesek kartu debet itu bisa lebih efisien juga dari segi biaya.

"EDC di outlet tidak harus banyak dan cukup 1 atau 3 saja. Tidak harus ada banyak EDC yang tidak efisien. Kemudian juga kalau mau isi e-money bisa isi di atm bank apa saja dan biaya murah," ujarnya.

Manfaat kedua, ketahanan dari sistem pembayaran nasional. Karena dengan kartu GPN, kliring kartu debet tidak dilakukan di luar negeri tapi di Indonesia sehingga itu memperkuat sistem pembayaran nasional.

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading