BI Paparkan Sederet Keunggulan GPN Dibanding Visa & Master

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
31 July 2018 09:40
Bank Indonesia mendorong agar nasabah perbankan menukar kartu debet GPN.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) terus mendorong agar nasabah perbankan menukar atau mengganti kartu debet berlogo Visa dan Master Card menjadi kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Pasalnya, GPN diklaim akan mempermudah transaksi serta memberikan kenyamanan bagi nasabah seperti penurunan merchant discount rate (MDR) dari 3% ke 1%. Penurunan MDR ini dimungkinkan karena seluruh transaksi dengan kartu GPN diproses di dalam negeri.

"Kan sekarang di proses domestik," ungkap Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional Pungky Purnomo Wibowo kepada CNBC Indonesia, Jakarta, Selasa (31/7/2018).


Ternyata tidak hanya itu penghematan saat berbelanja saja, penurunan MDR ini juga ikut mempengaruhi biaya transaksi seperti tarik tunai hingga biaya transfer beda bank.

"Biaya transfer dan tarik tunai otomatis turun sendiri karena sudah ada interoperability dan interconnection di GPN," kata dia.

Pungky menjelaskan biaya transfer beda bank yang tidak menggunakan GPN dikenakan sekitar Rp 6.500 per transaksi, dan dengan GPN menjadi hanya Rp 2.500 - Rp 4.000.

Sementara itu, biaya tarik tunai juga turun yang dari Rp 6.500 - Rp 7.500 dengan kartu non-GPN, menjadi Rp 3.500 - Rp 4.000.

Biaya operasional yang ditarik bank untuk setiap kartu debet juga akan mengalami penurunan. Setiap bank akan berbeda nominal penurunannya karena saat ini biaya operasionalnya juga berbeda.

"Biaya operasional kartu ya jelas turun karena kan tidak perlu bayar royalti ke principal switching global. Kan sekarang di proses di domestik," tegasnya.

Berikut perbandingan skema harga sebelum dan sesudah implementasi GPN:

1. On us (transaksi dilakukan oleh penerbit dan acquirer yang sama)

Merchant Reguler dari MDR berkisar 3,5% menjadi 0,15%.

Merchant Khusus Pendidikan dari MDR berkisar 3,25% menjadi 0,15%.

Merchant Khusus SPBU dari MDR berkisar 3,25% menjadi 0,15%.

Merchant Khusus G2P, P2G, Donasi dari MDR berkisar 3,25% menjadi 0%

2. Off us (transaksi dilakukan oleh penerbit dan acquirer yang berbeda)

Merchant Reguler dari MDR berkisar 3,5% menjadi 1%

Merchant Khusus Pendidikan dari MDR berkisar 3,25% menjadi 0,75%.

Merchant Khusus SPBU dari MDR berkisar 3,25% menjadi 0,5%.

Merchant Khusus G2P, P2G, Donasi dari MDR berkisar 3,25% menjadi 0%.
(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading